Skip to main content

Kalahkan Korea Selatan, Tim Putra Indonesia Kunci Juara Grup A Badminton Asia Team Championships 

dsg
Pemain tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito. (Dok. PBSI)

KABAR.NEWS, Manila- Tim putra Indonesia memastikan posisi juara grup A Badminton Asia Team Championships 2020 usai menekuk Korea, dengan skor sementara 3-1. Anthony Sinisuka Ginting membuka jalan bagi tim dengan merebut poin pertama setelah mengalahkan Heo Kwang Hee, lewat laga rubber game, 24-22, 19-21, 21-16.


Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kemudian menambah keunggulan tim putra Indonesia menjadi 2-0. Pasangan rangking satu dunia tersebut menang straight game atas Choi Solgyu/Kim Won Ho, dengan skor 21-14, 21-16.


Jonatan Christie belum berhasil menyumbang kemenangan, ia dikalahkan Son Wan Ho, dengan skor 16-21, 25-27. Kemenangan Indonesia ditentukan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di partai keempat melawan Na Sung Seung/Wang Chan dengan skor 21-10, 21-14.


Satu pertandingan terakhir yang dimainkan oleg tunggal putra terakhir, Shesar Hiren Rhustavito berhasil mengatasi Kim Dong Hoon dengan rubber game, 15-21, 21-13, 21-14.


“Kami bersyukur bisa menyumbang angka. Di pertandingan tadi kami mencoba lebih berani dan tidak terpengaruh kekalahan Jonatan. Kami tetap yakin karena tim kami sudah unggul, kami berusaha fokus ke pertandingan,” kata Fajar usai pertandingan.


“Lawan kami adalah pemain muda, mereka masih membuat kesalahan sendiri di awal game. Sempat mepet poinnya, tapi kami bisa mengatasi,” tambah Rian kepada Badmintonindonesia.org.


dfa Pemain junior Putri Indoensia, Kusuma Wardani.

Semenrtara itu, Tim putri Indonesia menyelesaikan tugas pertama di babak penyisihan grup Y Badminton Asia Team Championships 2020 dengan menundukkan Filipina 5-0. Gregoria Mariska Tunjung membuka kemenangan tim Indonesia dengan mengalahkan Airah Mae Nicole Albo, dengan skor 19-21, 21-11, 21-9. 


Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang straight game atas Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar, pada partai kedua, dengan skor 21-18, 21-12. Ruselli Hartawan menjadi penentu kemenangan tim Merah Putih dengan merebut angka ketiga setelah mengalahkan Maria Bianca Ysabel Carlos dengan skor 21-10, 21-18.

 
Ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto tak menemukan hambatan berarti saat melawan Joella Geva De Vera/Lunod Chanelle. Mereka menang dengan skor telak, 21-7, 21-8. Pemain junior Putri Kusuma Wardani yang turun di partai kelima, menyempurnakan kemenangan Indonesia dengan mengalahkan Sarah Joy Barredo, 21-19, 21-14.


"Hasil ini sesuai dengan prediksi, kami bersyukur bisa menang 5-0. Sebetulnya yang agak dikhawatirkan di tunggal ketiga, karena ini kan pengalaman pertama buat Putri, tapi ternyata di game pertama dia lepas, di game kedua bisa main normal," komentar Susy Susanti, manajer tim Indonesia.


Susy berharap kemenangan ini menjadi bekal bagi tim putri untuk menghadapi tim Thailand yang jauh lebih berat. Pertandingan tim putri Indonesia melawan Thailand akan dilangsungkan pada Kamis (13/2/2020), pada pukul 10.00 waktu Manila. 

 

loading...