Skip to main content

Jokowi Ingin Indonesia Hasilkan Vaksin Corona

Jokowi Ingin Indonesia Hasilkan Vaksin Corona
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada awak media di Wisma Alet. (Setneg/Lucas)

KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat menjadikan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai momentum kebangkitan di bidang sains dan teknologi, khususnya kesehatan.


Di tengah situasi Pandemi Covid-19, Jokowi menyebut Indonesia telah mampu menghasilkan sejumlah alat kesehatan seperti rapid test, PCR test kit dan juga ventilator. Dia berharap Ilmuwan Indonesia bisa menghasilkan vaksin Corona.


"Dan lebih dari itu, kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," ujar Presiden Jokowi pada pidato virtual peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Jakarta, Rabu (20/5/2020).


Jokowi mengaku senang dengan keberhasilan Lembaga Eijkman mendapatkan data mengenai 7 urutan genom Covid-19. Genom itu kata, Jokowi, sangat berguna untuk pengembangan vaksin.


Dalam pidatonya, Jokowi juga optimis Indonesia tak lagi menjadi negara tujuan impor alat-alat kesehatan, melainkan turut mengekspor alkes kepada negara lain dari hasil produksi dalam negeri.


"Dari yang saya lihat kemarin, saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor sekarang ini kita bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri," katanya.


Jokowi juga mendorong para peneliti yang terlibat mengembangkan terapi pengobatan Covid-19, agar karya tersebut tak berhenti di laboratorium.


"Jangan juga hanya sebatas prototipe saja tapi harus terus berlanjut, harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa kita ekspor ke mancanegara," tandas Jokowi.


Sumber: Setkab

 

Flower

 

loading...