Skip to main content

Inilah Ryan Kaji, YouTuber Termuda Berpenghasilan Tertinggi di 2019

Inilah Ryan Kaji, YouTuber Termuda Berpenghasilan Tertinggi di 2019
Channel YouTube Ryan Kaji. (Screen shot/YouTube)

KABAR.NEWS - Majalah Forbes mencatat Ryan Kaji sebagai YouTuber berusia paling muda dengan penghasilan tertinggi di dunia.


Data Forbes menunjukkan, kanal YouTube milik anak berusia 8 tahun itu meraup pendapatan sebesar 26 juta Dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp364 miliar pada 2019.


Baca juga: Batasi Umur Pengguna, Daftar Instagram Mulai Pakai Tanggal Lahir

Ini bukan pertama kalinya Ryan berstatus YouTuber termuda berpenghasilan tertinggi. Pada tahun 2018, bocah bernama lengkap Ryan Guan itu meraup keuntungan sebesar Rp308,17 miliar.


Meski baru berumur tiga tahun, “Ryan World’s”, kanal yang diluncurkan oleh orang tua Ryan pada 2015 sudah memiliki 22,9 juta pelanggan atau subscribers.

 

Melansir laporan VOA Indonesia, Jumat (20/12/2019), channel YouTube yang awalnya diberi nama “Ryan Toys Review” kebanyakan berisi video bintant cilik itu membuka kotak-kotak mainan baru dan memainkannya.

 

Menurut data dari situs analitik Social Blade, beberapa videonya sudah ditonton lebih dari satu miliar dan sejak diciptakan sudah ditonton hampir 35 miliar.


 


Baru-baru ini, kanal itu dinamai ulang setelah sebuah organisasi perlindungan konsumen, Truth in Advertising, mengajukan keluhan ke Komisi Perdagangan Federal AS.


Truth in Advertising menuduh kanal itu tidak secara jelas menunjukkan video-video mana yang disponsori. Artinya, merek-merek tertentu membayar video itu untuk menampilkan produk-produk mereka.


Baca juga: Lagu Andmesh Rajai Pencarian Google Indonesia Tahun 2019, Berikut Daftarnya

Seiring dengan usia Ryan, kanal itu juga berkembang dengan menampilkan video-video pendidikan. Tidak melulu tentang mainan.


Dalam peringkat Forbes, Ryan Kaji melampaui kanal “Dude Perfect” yang dikelola sekumpulan teman dari Texas. Di kanal itu para YouTuber “Dude Perfect” menampilkan trik-trik yang tampaknya sulit dilakukan. Misalnya, melemparkan bola basket ke dalam ring basket dari puncak gedung atau dari helikopter.


 

 

loading...