Skip to main content

Ini Pendapat Orang Tua Siswa Tentang Wacana Full Day School

asvwegw

Mendikbud, Muhajir Effendy. (INT)

KABAR.NEWS, Makassar - Wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Muhajir Efendi mengenai penerapan Full Day School (FDS), memancing sejumlah respon dari berbagai pihak.

 

Masyarakat menganggap hal tersebut cukup memberatkan siswa, mengingat FDS mengharuskan siswa menjalankan aktivitas akademik secara penuh yakni dari pagi hingga sore hari di sekolah. 

 

Namun, tak sedikit yang menganggap, penerapan FDS justru membuat siswa lebih proaktif terhadap kegiatan akademik, dan dinilai bermanfaat terhadap tumbuh kembang siswa. 

 

Salah satu orang tua siswa sekolah dasar, Edwin (34) saat dikonfirmasi KABAR.NEWS, Selasa (13/6/2017) mengatakan wacana FDS cukup membantu siswa dalam menguji kompetensi dibidang akademik. 

"Mengenai wacana full day school,  sebagai orang tua siswa yang memiliki anak SD sebenarnya bagus, karena dapat membantu siswa di didik dalam menguji kompetensi yang dimiliki," ujarnya. 

Namun, hal tersebut mestinya sejalan dengan fasilitas yang dihadirkan sekolah. Menurutnya, sekolah yang ditunjang dengan fasilitas memadai, dapat membuat siswa lebih nyaman dan efektif berada di sekolah. 

 

Selain itu, tenaga pendidik yang berkualitas juga dibutuhkan, agar penerapan Full Day School sesuai dengan harapan yang diwacanakan Mendikbud. 

 

"Kalau bisa pemerintah juga memperhatikan aspek yang mendukung penerapan full day school, seperti infrastruktur sekolah, tenaga pendidik, fasilitas yang memadai, supaya penerapan full day school ini maksimal dan berjalan sesuai program menteri," tutup Edwin. 

 

  • Degina Adenessa