Skip to main content

Ini Identitas 3 Pendaki yang Dikabarkan Hilang di Gunung Latimojong

Pendakian
Ilustrasi pendaki hilang di Gunung.(INT)


KABAR.NEWS, Makassar - Tiga orang pendaki gunung yang dikabarkan hilang di gunung Buntu Sikolong, Pegunungan Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, hingga saat ini belum ditemukan. 


Ketiganya yakni, Tuye alias Emman anggota dari Kelompok Pecinta Alam (KPA) Sikolong dan dua orang rekannya Inded alias Afrin Bihamri dan Widi Hidayat dari Celebes Backpacker. 


"Yang dua orang itu berangkat dari Makassar, waktu hari Kamis, 5 Oktober 2017. Setelah itu singgah dulu ke Basecamp. Nanti Jumat, 6 Oktober 2017 baru mereka naik diantar dengan Tuye," ujar pembina KPA Sikolong, Wiwin Aruan Mori yang juga terlibat dalam proses pencarian. 


Wiwin menjelaskan, ketiganya mulai melakukan perjalanan dari Kampung Mabu, Lembang Uluwai, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Jumat, 6 Oktober 2017 lalu dan direncakan akan kembali pada Minggu, 8 Otkober 2017.
 

"Kontak terakhir, itu waktu mereka dapat jaringan diseputaran punggungan gunung, mereka bilang kalau terhalang kabut dan rencana kembali ke jalur utama," jelasnya.
  

Sembari melakukan pencarian oleh tim gabungan Basarnas, Korpala Unhas, Mapala Poltek UP dibantu warga, tim menemukan jejak sementara ketiga pendaki ini. 


"Tendanya sudah di dapat di camp 2 gunung Sikolong, tinggal orangnya yang belum didapat," terang Wiwin yang juga Tokoh Pemuda Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Enrekang ini. 


Sejauh ini lanjut Wiwin, tim masih terus melakukan pencarian dikawasan gunung Sikolong, Pegunungan Latimojong, Kabupaten Enrekang untuk mengetahui jelas keberadaan ketiga pendaki tersebut. 


Diketahui sebelumnya, tiga orang pendaki dikabarkan hilang. Kepala Basarnas, Hamsibar mengaku telah memberangkatkan personelnya sebanyak tujuh orang untuk melakukan pencarian. 


"Kita tetap di backup oleh TNI/POLRI dan masyarkat sekitar untuk melakukan pencarian," tambahnya.

 

  • Arul Ramadhan