Skip to main content

Ini Film yang Mengisahkan Pelarian Napi dari Penjara (1) ?

Pulau Alcatraz yang pernah menjadi penjara dengan tingkat pengamanan terketat yang saat ini sudah menjadi museum. (INT)

KABAR.NEWS - Kurang-lebih sepekan terakhir, publik Indonesia dikejutkan dengan kaburnya 468 narapidana dari Rumah Tahanan (Rutan) klas II B Sialang Bungkuk, Pekanbaru. Diketahui, penyebab ratusan Napi yang berhasil melarikan diri tersebut berawal dari protes yang dilakukan sejumlah Napi sehingga memicu keributan yang tak mampu dikendalikan oleh petugas Rutan Sialang Bungkuk.

Berselang seminggu kemudian, tanggal 7 Mei 2017 tiga Napi di Lembaga Permasyarakatan Klas 1A Gunung Sari Makassar, berhasil melarikan diri dari ruang sel setelah menggergaji trali kawat dan menyelami got di Lapas Makassar hingga melompat dari tembok Lapas. Hingga detik ini, pihak kepolisian Sulawesi Selatan (Sulsel) belum menemukan ketiga Napi yang mendapatkan hukuman berat yakni hukuman mati dan penjara seumur hidup tersebut.

Cerita pelarian Narapidana dari terungku sel memang bukan cerita baru. Kisah pelarian Narapidana dari jeruji besi penjara juga banyak diangkat melalui film layar lebar atau film. Berikut ini film yang mengisahkan pelarian Narapidana dari penjara.

1. Film Escape From Alcatraz (1979). Sebuah pelarian yang sempurna

Pada era 1950-an, Penjara Pulau Alcatraz yang terletak di Teluk San Fransisco, California, Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu penjara bagi narapidana kelas kakap Amerika. Dikelilingi lautan lepas dengan suhu udara 14 derajat celsius, pada saat itu, penjara Alcatraz merupakan salah satu penjara dengan sistem pengamanan yang begitu ketat.

Namun pada tahun 1960, dunia digemparkan dengan pelarian 3 tahanan Alcatraz. Kisah pelarian tersebut diangkat dalam Film Escape For Alcatraz (1979). Dalam film tersebut dikisahkan bagaimana proses pelarian 3 tahanan penjara Alcatraz yakni Clint Eastwood sebagai Frank Morris Lee, Jack Thibeau sebagai Clarence Anglin dan Fred Ward memerankan napi John William Anglin.

Film berdurasi 1 jam 50 menit itu menceritakan secara runut bagaimana proses pelarian Frank Morris Cs mulai sejak perencanaan hingga tahap pelarian dari pulau Alcatraz. Plot film ini mengisahkan bagaimana ide untuk melarikan diri dari Alcatraz dipelopori oleh Frank Morris, seorang tahanan dengan kasus perampokan dengan pembunuhan. 

Dikisahkan, Frank Morris adalah pribadi pendiam dan diketahui melalui dokumen kepolisian, Morris merupakan tahanan yang memiliki kualitas IQ di atas rata - rata. Rencana untuk kabur dari Alcatraz sudah direncanakan oleh Morris sejak mendekap di Alcatraz. Namun karena gangguan sejumlah Napi, rencana Morris untuk kabur dari Alcatraz kerap tertunda.

Hingga pada akhirnya Morris bertemu dengan Clarence Anglin dan saudara Clarence, John William Anglin di ruang makan penjara Alcatraz. Singkat cerita dari beberapa pertemuan di meja makan, ketiganya bersepakat dalam beberapa hari untuk dapat kabur dari Alcatraz.

Setelah mempelajari struktur bangunan Alcatraz dan seluk beluk pengamanan, Morris kemudian menkonsepkan bagaimana perencanaan dan alat - alat yang digunakan untuk dapat keluar dari penjara Alcatraz secara sistematis. Ide dan cara keluar dari penjara, semua bersumber dari ide Frank Morris dan kemudian juga dilakukan oleh Anglin bersaudara.

Pertama - tama Frank Morris Cs merusak pentilasi udara, membuat tiruan wajahnya sendiri dari bahan kertas hingga membuat pelampung dari bahan - bahan bekas yang tersedia di penjara Alcatraz.

Setelah segala persediaan dipersiapkan, selanjutnya Frank Morris melakukan observasi 'lapangan' untuk mempelajari alur keluar dari sel Alcatraz. Hingga pada malam tanggal 11 Juni 1962, Frank Morris Cs memutuskan untuk melarikan diri dari penjara Alcatraz tanpa menyisahkan jejak sedikitpun. 

Dari plot film dikisahkan, petugas penjara Alcatraz baru mengetahui kaburnya Frank Morris Cs saat petugas mencoba membangunkan Morris. Alih - alih menemukan Frank Morris terbangun dari tempat tidur, justru petugas penjara dibuat tercengang dengan temuan tipuan wajah Frank Morris yang jatuh dari atas tempat tidurnya.

Pencarian Frank Morris cs selama 6 bulan tak menghasilkan jejak. Pasca kaburnya Frank Morris Cs, pemerintah Amerika Serikat dengan resmi menutup penjara Alcatraz pada 21 Maret 1963 setelah beroperasi selama 29 tahun. 

Diketahui dari situs history.com, berbagai upaya pelarian dari Penjara Alcatraz selalu menuai kegagalan. Namun, Franks Morris Cs yang berhasil melarikan diri dari Penjara Alcatraz hingga hari ini tak diketahui rimbanya.

Kini Penjara Pulau Alcatraz dijadikan sebagai salah satu museum seni dan juga menjadi destinasi pariwisata di San Fransisco yang dikelola oleh National Park Service.

Film Escape From Alcatraz disutradarai oleh Don Siegel dan diskenariokan oleh J. Campbell Bruce berdasarkan kisah nyata. Escape From Alcatraz dianggap sebagai salah satu film terbaik tentang pelarian dari penjara yang diproduksi oleh The Malpaso Company.

American Film Institute pada tahun 2016 menyertakan film Escape From Alcatraz sebagai  100 film terbaik negeri Paman Sam dalam rentang 100 tahun terakhir.

*bersambung