Skip to main content

Ingin Tingkatkan Kualitas Tidur ? Perbaiki Hubungan Sosial Anda Dengan Kerabat

tidur
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS – Kualitas tidur sangat penting bagi kehidupan seseorang. Namun, sejumlah orang kerap mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan agar kualitas tidur bisa menjadi lebih baik.

Dalam sebuah penelitian terbaru, menemukan hal menakjubkan bahwa kualitas hubungan sosial dengan kerabat terdekat ternyata bisa membantu memperbaiki kondisi kesehatan, dan pemulihan saat menderita penyakit.

Namun ternyata, kualitas hubungan juga bisa berdampak kepada kualitas tidur seseorang. Hal tersebut sangat terlihat pada mereka yang berusia muda.

Dikutip dari laman The Conversation, temuan dari studi terbaru pada siswa tingkat menengah menyatakan, pertemanan yang terjadi dari hari ke hari bisa menentukan bagaimana kita tidur pada malam hari.

Dalam sebuah studi, peneliti bertanya kepada lebih dari 900 orang siswa di Kanada mengenai kehidupan sosial mereka pada tahun pertama.

Setahun kemudian, para siswa yang mengakui lebih aktif dalam kegiatan sosial punya sedikit masalah tidur. Mereka bahkan tidak menemukan kesulitan tertidur pada malam hari. Selain itu, punya kegiatan positif dan aktif sepanjang tahun pertama bisa menjaga siswa terhindar dari tekanan.

Para siswa dengan kondisi tidur yang baik tersebut menyatakan punya banyak teman dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

Sebelumnya diketahui bahwa sejumlah masalah kesehatan mental dan fisik, termasuk depresi dan penyakit jantung berkaitan erat dengan kualitas tidur yang kurang baik.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga hubungan pertemanan yang baik dengan kerabat. “Orang tua dan guru seharusnya memberikan lingkungan yang baik yang bisa memperkuat pertemanan di antara pemuda.” Ujar profesor psikologi Royette Tavernier dari Wesleyan University.