Skip to main content

Waspada, Ini Dampak Buruk Bila Duduk dan Menonton Televisi Terlalu Lama

watch
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS – Menonton televisi merupakan salah satu media hiburan yang paling digemari di era modern. Kini, nyaris setiap rumah sudah memiliki akses informasi dan hiburan melalui acara televisi.

Kehadirannya tersebut juga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Sebagian orang bahkan rela menghabiskan berjam-jam waktunya duduk di depan layar kaca menonton acara favoritnya.

Namun, ternyata aktivitas duduk berlama-lama di depan televisi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lho. 

Dikutip dari laman Boldsky, menurut temuan penelitian terbaru mengungkap bahwa duduk berlama-lama menonton televisi bisa menyebabkan meningkatnya resiko kesulitan berjalan tiga kali lipat di kemudian hari 

Dalam studi yang dilakukan, diikuti sekelompok orang sehat berusia 50 sampai 71 tahun selama 10 tahun, menunjukkan bahwa duduk terlalu lama berbahaya apalagi diikuti dengan tingkat aktifitas fisik yang rendah.

Lanjutnya, para partisipan yang menonton televisi 5 jam atau lebih memiliki risiko 65 persen lebih tinggi terkena cacat mobilitas, dibandingkan dengan mereka yang menonton televisi kurang dari 2 jam terlepas dari aktifitas fisik mereka.

Namun, bagi mereka yang memiliki waktu yang kurang melalukan aktifitas fisik ternyata cenderung beresiko lebih tinggi mengalami cacat mobilitas.

“Duduk dan menonton televisi terlalu lama (terutama di malam hari) menjadi salah satu hal paling berbahaya yang dilakukan orang tua” ujar Professor Loretta DiPietro, penulis laporan penelitian tersebut dari George Washington University di Washington.

Nah, demikian dampak buruk yang bisa terjadi bila terbiasa dengan aktivitas yang satu ini. Oleh karena itu, kerabat KABAR.NEWS, sebaiknya membatasi aktivitas duduk dan berlama-lama di depan televisi bila tidak ingin merasakan dampak buruknya.