Skip to main content

Terungkap, Empat Identitas Tersangka Lain Pembunuhan Kim Jong-nam

kim jong nammm
Kim Jong-nam (INT)

KABAR.NEWS – Kasus dugaan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara memasuki babak baru. Kini, identitas empat tersangka lain akhirnya diungkap dalam persidangan di Malaysia, Kamis (12/10/2017).
 

Seorang petugas kepolisian yang menyelidiki kasus tersebut, Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz, mengatakan di hadapan persidangan bahwa keempat tersangka itu adalah Chang, Tuan Y, James, dan Hanamori alias "Kakek" atau "Paman".
 

Sebagaimana dilansir Reuters, Wan Azirul mengatakan bahwa Tuan Y merupakan pria dalam video yang diputar di pengadilan beberapa waktu lalu.
 

Dalam video itu, Tuan Y terlihat menggunakan topi hitam dan membawa tas hitam. Ia berjalan ke dalam bandara bersama dua tersangka lainnya, yaitu seorang warga negara Indonesia, Siti Aisyah, dan perempuan berkebangsaan Vietnam, Doan Thi Huong.

 

Siti dan Huong merupakan dua tersangka utama yang diduga menyeka wajah Jong-nam dengan racun VX saat pria itu sedang menunggu penerbangan ke Macau, China, di Bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu.
 

"Berdasarkan penyelidikan saya, Tuan Y adalah orang yang menaruh cairan pada tersangka kedua," ucap Wan Azirul, merujuk pada Huong. Selama menjalankan aksinya, Tuan Y menerima instruksi dari Hanamori.
 

Sementara itu, Chang merupakan pria yang bertemu dengan Siti Aisyah di sebuah restoran di lantai tiga bandara dalam video bukti persidangan. Menurut Wan Azirul, James berperan sebagai perekrut Siti Aisyah. Namun, ia tak menjabarkan lebih lanjut.
 

 

Wan Azirul tidak mengungkap kewarganegaraan keempat orang itu. Ia juga tidak menjelaskan apakah keempat pria itu merupakan orang yang selama ini diburu oleh Malaysia.
 

 

Malaysia memang masih memburu empat tersangka lain terkait kasus ini. Mereka bahkan sudah menyampaikan red notice kepada Interpol untuk mencari empat pria yang teridentifikasi bernama Ri Ji Hyon, Hong Song Hac, O Jong Gil, dan Ri Jae Nam.