Skip to main content

Studi: Makan Pisang Ternyata Bisa Atasi Penyakit Berbahaya

INT
Ilustrasi (INT)

 

 

KABAR.NEWS – Bagi orang Indonesia, pisang merupakan buah yang sangat populer. Selain rasanya yang manis dan enak, pisang juga sangat mudah didapatkan di berbagai tempat. 

 

Namun, tak banyak yang tahu, di balik rasanya pisang ternyata menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan. Bagi masyarakat yang gemar mengonsumsi pisang, ternyata buah ini bisa mencegah datangnya stroke atau penyakit jantung.

 

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Alabama, Birmingham, Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa tikus percobaan yang kerap makan pisang cenderung mampu menekan pembentukan kalsifikasi pembuluh darah dan pengerasan aorta. 

 

Padahal, pengerasan aorta adalah salah satu gejala dari salah satu penyakit paling mematikan bagi manusia, yakni penyakit jantung. Sementara itu, kalsifikasi pembuluh darah meningkatkan resiko terkena aterosklerosis, kondisi di mana pembuluh darah koroner mengeras atau kaku dan bisa saja memicu serangan jantung.

 

Tak hanya itu, sering mengonsumsi pisang juga bisa menurunkan resiko terkena stroke. Resiko terkena penyakit ini cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya umur, khususnya pada kaum hawa. Dengan mengkonsumsi pisang, maka kadar kalium yang tinggi di dalamnya akan mampu menyehatkan pembuluh darah sehingga akan mencegah terjadinya penyumbatan yang bisa memicu datangnya penyakit mematikan ini.

 

National Health Service menyarankan kita untuk mengkonsumsi 3.500 mg kalium dalam sehari jika ingin mencegah datangnya stroke atau berbagai masalah kesehatan pada jantung. Jika kita makan dua buah pisang dalam sehari, maka kita sudah mampu memenuhi 25 persen dari kebutuhan kalsium harian tersebut.

 

  • Muhammad Fardan