Skip to main content

KPU: Kandidat Kepala Daerah yang Pernah Terpapar Covid-19 Bisa Ikut Kontestasi

KPU

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua KPU RI Arief Budiman mengaku ada 63 orang bakal calon kepala daerah di Indonesia positif terpapar Covid-19. Meski diantaranya dinyatakan negatif.

 

"Waktu pendafataran sampai tanggal 6 kemudian ditambah pada saat pemeriksaan kesehatan itu jumlahnya 63 orang (se Indonesia). Tetapi sampai hari ini dikabarkan beberapa sudah negatif jadi sudah berkurang dari 63 orang," kata Arief Budiman kepada awak media di Kantor KPU Provinsi Sulsel di Jalan A. P. Pettrarani, Selasa (15/9/2020).

 

Saat ditanya awak media apakah masih bolehnya kandidat yang sebelumnya terkena Covid-19 untuk kembal melanjutkan kiprahnya di Pilkada 2020. 

 

Arif secara tegas mengatakan kandidat yang sudah sembuh bisa kembali bertarung pada konstestasi Pilkada 2020.

 

"Bolehlah, negatif kan sudah sehat, kalau positif nggak boleh," pungkasnya. 

 

Sebelumnya, Ketua KPU RI Arief Budiman membenarkan bahwa ada beberapa calon peserta Pilkada yang positif terpapar Covid-19. Bahkan per 14 September 2020, angkanya telah menjadi 63 orang, dan tersebar di 21 provinsi.

 

“Sebelumnya di media masih 59. Sekarang sudah menjadi 63. Tetapi kami telah menyiapkan protokol dan prosedur serta skema untuk menjawab persoalan tersebut,” jelas Arief lewat keterangannya, Senin (14/9/2020).

 

Penulis : Darsil Yahya/B

 

 

Flower

 

loading...