Skip to main content

Gubernur Syahrul Sampaikan Sulsel Siap Jadi Ibu Kota Negara

ger
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat mendampingi Wapres JK.(KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan kepada Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) untuk memilih Sulsel sebagai Ibu Kota negara Indonesia yang baru menggantikan DKI Jakarta. 

Syahrul mengatakan Sulsel sangat ideal untuk menjadi Ibu Kota Negara, dikarenakan fasilitas dan infrastuktur sudah cukup memadai. Berbeda dengan Kalimantan, khususnya Palangkaraya yang dianggapnya masih belum memadai untuk menjadi Ibu Kota Negara. 

"Kami siap menjadi ibu kota negara, kalau Kalimantan masih dicari-cari. Kalau kita (Sulsel) semua sudah tersedia dan siap," ujar Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) itu. 

Syahrul mengungkapkan infrasfruktur di Sulsel cukup kuat. Mulai jalan, Bandara, pelabuhan, dan saat ini sementara dirintis kereta api trans Sulawesi.

Usulan Syahrul pun direspon oleh Wapres JK. Hanya saja, pemerintah pusat masih melakukan kajian untuk menentukan Provinsi mana yang layak menjadi Ibu Kota Negara menggantikan DKI Jakarta. 

"Boleh saja, walaupun pemindahan itu baru dikaji," ungkapnya.

Seperti diketahui saat ini ada tiga provinsi yang menjadi nominasi dan dalam kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Daerah itu ada di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kalimantan Selatan (Kalsel). 

  • Miftahul Khaeriyah