Skip to main content

Dosen UIN Bedah Buku Sosiologi Waktu Senggang di Kampus UNM

ridhaa
Kanan, Bahrul Amsal dan Muhammad Ridha saat menjadi narasumber pada acara bedah buku Sosiologi Waktu Senggang di Perpustakaan UNM (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar acara bedah buku "Sosiologi Waktu Senggang" di Perpustakaan UNM. 

 

Bedah buku Sosiologi Waktu Senggang ini, menghadirkan langsung penulisnya Muhammad Ridha sekaligus menjadi narasumber bersama dengan pegiat literasi Paradigma Institute Bahrul Amsal. 

 

Dalam pemaparannya, Muhammad Ridha yang juga Dosen Sosiologi UIN Alauddin Makassar ini mengatakan secara garis besar bahwa isi buku tersebut merupakan riset mendalam tentang kehidupan masyarakat Makassar yang lebih banyak menghabiskan waktu Senggang di Mall dan tempat hiburan. 

 

"Buku ini memotret tentang kehidupan warga Makassar menghabiskan waktu luangnya di Mall," ucap Muhammad Ridha, Kamis (12/10/2017).

 

Muhammad Ridha yang kerap dipanggil sebagai narasumber di berbagai forum Kemahasiswaan ini mengaku, buku tersebut tidak saja didiskusikan di sejumlah kampus, melainkan juga di organisasi pergerakan sering mengundangnya menjadi pembicara. 

 

"Alhamdulillah buku ini diterima baik oleh berbagai lembaga Kemahasiswaan di Kampus-kampus Makassar untuk dibedah, karena buku ini menceritakan tentang aktivitas masyarakat sehari-hari melalui riset," ungkap Direktur Rumah Buku Carabaca tersebut.

 

Selain itu, dosen yang kesehariannya aktif di komunitas literasi ini juga mengajak mahasiswa, untuk bergelut didunia literasi dan menjadi penulis yang dapat membanggakan kampus. Pasalnya tradisi literasi, tambahnya masih, kurang diminati oleh para mahasiswa. 

 

"Dunia literasi mulai ditinggalkan oleh mahasiswa, padahal mahasiswa tidka bisa lepas dari dunia literasi. Maka dari itu saya mengajak teman-teman untuk menulis dan bukan tidak mungkin teman-teman menjadi penulis hebat," ujar Dosen yang telah menulis beberapa buku ini.

 

  • Ruslan