Skip to main content

6 Negara Ini Dianggap Paling Aman di Dunia, Indonesia di Posisi Berapa ?

rtyrtyuu
Potret salah satu sudut kota Islandia (INT)

KABAR.NEWS – Ancaman teror kini semakin marak terjadi di berbagai belahan dunia. Selama beberapa bulan belakangan, aksi teror silih berganti mengancam keamanan hidup masyarakat Inggris, insiden Manchester dan London salah satu buktinya. Sementara, di Timur Tengah perang saudara berkepanjangan membawa negara ini menuju ke arah negara gagal.     

Namun, meski demikian, masih ada sejumlah negara yang dapat hidup dengan tingkat keamanan dan kedamaian yang stabil bagi warga negaranya.

Menurut data dari Global Peace Index, yang dirilis setiap tahunnya oleh Institute for Economics and Peace,  menilai tingkat keamanan dan kedamaian pada 163 negara dan wilayah, dengan mempertimbangkan sejumlah factor diantaranya, persepsi kriminal, terorisme, keamanan dan stabilitas politik, konflik domestik dan Internasional, dan tingkat militerisasi.

Berikut daftar 6 Negara posisi teratas pada peringkat yang dilansir oleh Global Peace Index 2017:

6. Republik Ceko

Salah satu andalan dari Cheko adalah Industri pariwisatanya. Namun, para turis tak perlu khawatir soal keamanan. Negara yang berdekatan dengan Jerman, Austria, Slovakia, dan Polandia ini punya tingkat kriminalitas yang rendah. Selain itu, dilengkap dengan sistem transportasi yang baik dan murah.

Ibu kotanya, Praha adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa.

5. Denmark

Negara kecil yang termasuk dalam negara Skandinavia ini merupakan negara dengan tingkat korupsi yang paling minim. Selain itu, tingkat kesetaraan gender diantara masyarakatnya juga terhitung tinggi, membuat partisipasi perempuan di sejumlah bidang, seperti politik dan pendidikan sangat bergairah.

Meski tingkat pajak yang tinggi, masyarakat Denmark tak keberatan karena ditunjang dengan kebijakan layanan kesehatan dan pendidikan yang terjangkau bagi rakyatknya.

Ditambah lagi, dengan kebiasaan umum masyarakatnya yang gemar bersepeda dan berjalan kaki di sekolah, membuatnya salah satu kotanya, Kopenhagen menargetkan sebagai kota dengan level polusi terendah pada 2050.

4. Austria

Keindahan alam dan bangunan bersejarah, merupakan ciri khas dari negara ini. Dengan dukungan GDP yang tinggi, membuat negara ini sebagai salah satu negara sejahtera. Namun, diiringi dengan standar transportasi memadai dan juga kebersihan lingkungannya.

Tak heran negara ini, paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, dengan angka kriminalitas yang sangat rendah.

3. Portugal

Negara Portugal sangat terkenal dengan pesepakbola luar biasa, Cristiano Ronaldo. Namun, siapa sangka negara ini masuk dalam jajaran negara yang paling aman di dunia. Negara ini juga sangat ramah dengan para pelancong dengan suguhan berbagai tempat wisata yang sarat akan sejarah.

2. Selandia Baru

Negeri yang dikenal dengan buah kiwi ini, punya layanan sosial yang sangat baik bagi warganya. Meski warganya tak bekerja, mereka juga dapat menikmati layanan kesehatan gratis.

Ditambah lagi kepolisian yang berdedikasi, membuat angka criminal terbilang rendah. Hubungan dengan negara tetangganya juga sangat akur.

1. Islandia

Gemar membaca dengan tingkat literasi yang tinggi. Itulah potret rakyat islandia, yang sukses mengentaskan buta huruf, dengan 99 persen warganya yang melek huruf.

Negara ini dinobatkan sebagai negara yang paling aman ditinggal dengan tingkat demokrasi, kesetaraan gender yang tinggi, dengan diiringi angka kriminalitas yang rendah.

Sementara negara yang paling kurang aman, masih didominasi oleh negara-negara di Timur Tengah dan Afrika. Suriah berada pada tingkat yang paling parah. Kemudian disusul oleh Afghanistan, Iraq, Sudan Selatan, Yaman, Somalia, dan Libya

Sejumlah konflik regional di kawasan tersebut dan tumbuhnya ancaman terorisme internasional menandakan wilayah Timur Tengah dan sebagian Afrika, menurunkan level keamanan di dunia.

Sementara itu, Indonesia sendiri berada pada peringkat 52 dunia, dari 163 negara meriah skor 1.850. Peringkat yang tidak buruk-buruk amat bagi negara yang terkenal dengan masyarakatnya yang sangat majemuk.

 

  • Fardan