Skip to main content

Hasil Penelitian Ungkap Nonton Konser K-Pop Bisa Perpanjang Usia

a
Ilustrasi histeria penonton konser K-pop. (Koreaboo)

KABAR.NEWS - Sebuah proyek penelitian yang dilakukan arena O2 London dan Goldsmith University of London mengungkap bahwa menonton konser K-pop (Korean Pop) atau konser pada umumnya bisa memperpanjang usia hingga 10 tahun.

Dilansir dari Koreaboo, dosen Goldsmith University Profesor Patrick Fagan, yang melakukan penelitian tersebut menjelaskan bahwa menyaksikan pertunjukan konser selama 20 menit dapat menyebabkan peningkatan 21 persen perasaan kesejahteraan

Patrick Fagan menjelaskan orang yang menonton konser merasa 25 persen lebih bahagia daripada yang tidak. Selain itu, keakraban dengan orang lain meningkat sebesar 25 persen. Stimulasi mental positif juga meningkat sebesar 75 persen.

Kata Fagan, "Penelitian lebih lanjut juga secara langsung menghubungkan tingkat kesejahteraan yang tinggi dengan peningkatan umur sembilan tahun. Berarti bahwa mungkin ada hubungan kuat antara pertunjukan tersebut dan berapa lama usia anda hidup.

"Penelitian kami menampilkan pertunjukan dampak mendalam pada perasaan kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan.
Yaitu, pertunjukkan dua minggu dapat memperpanjang usia hampir satu dekade," kata Patrick Fagan. 

Penelitian ini bukan satu-satunya yang menyebutkan jika menghadiri konser langsung adalah hal baik untuk kesehatan. Penelitian oleh University of Missouri yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology menyimpulkan bahwa musik yang optimis memiliki "efek positif yang signifikan" pada kesejahteraan.