Skip to main content

Harga Minyak Naik di Atas 56 Dollar AS per Barrel

jfjdj
Harga minyak kembali naik di atas level 56 dollar AS per barrel (INT)

KABAR.NEWS - Harga minyak kembali naik di atas level 56 dollar AS per barrel. Hal tersebut merupakan dampak dari pemangkasan ekspor minyak yang dilakukan Arab Saudi per November 2017.

Arab Saudi memangkas ekspor minyak per November sebesar 560.00 barrel per hari (bpd). Hal ini sejalan dengan komitmen mereka terhadap pakta pengurangan pasokan yang dipimpin OPEC.

Di AS, sejumlah kilang produksi minyak masih belum beroperasi akibat badai Nate, mendorong berkurangnya pasokan minyak.

"Harga terdorong karena berita Arab Saudi berencana untuk mengurangi pengiriman minyak ke pelanggan pada bulan November,” ujar analis Commerzbank, Carsten Fritsch di Frankfurt, seperti dikutip Kompas.com.

Berdasarkan patokan harga internasional, harga minyak mentah acuan Brent LCOc1 naik 32 sen menjadi 56,11 dollar AS per barrel. Sedangkan harga minyak mentah acuan AS, naik 29 sen menjadi 49,87 dollar AS per barrel.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia  dan produsen non-OPEC lain juga memangkas jumlah produksi sebesar 1,8 juta bpd sampai Maret 2018 untuk mengurangi pasokan.

OPEC yakin bahwa keseimbangan pasar akan lebih cepat terjadi dengan penurunan ekspor minyak dan juga dengan pertumbuhan permintaan global yang leboh kuat dari perkiraan.