Skip to main content

Harga Bawang dan Tomat di Pasar Pa'baeng-baeng Naik Drastis

Harga
Nurul, salah satu penjual barang campuran kebutuhan pokok Rumah tangga di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, Selasa (11/2/2020).(KABAR.NEWS/Mustawaf Ansar)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Beberapa bahan pokok di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar mengalami kenaikan harga. Di antaranya bawang putih, bawang merah, serta tomat.


Nurul sebagai pedangang barang campuran kebutuhan rumah tangga menyampaikan bahwa kenaikan yang terjadi pada beberapa bahan pokok seperti bawang putih dan bawang merah serta tomat secara bertahap.


"Bertahapki naiknya harga bawang putih sama bawang merah, sekarang harganya Rp50.000/kg, kalau tomat sekarang Rp14.000/kg," ucapnya kepada KABAR.NEWS, di Pasar Pa'baeng-baeng, Selasa (11/2/2020).


Lebih lanjut Nurul menambahkan bahwa bawang putih yang Ia peroleh dari salah seorang penyalur yang mengambil barang di Pasar Terong Makassar. Sedangkan bawang merah yang Ia jual ada 2 macam, yakni bawang merah Bantaeng dan bawang merah Bima.


"Kalau pembeli Bawang Putih dan Merah tidak berkurangji cuman takaran yang mereka beli dikurangi, biasanya sebelumnya ambil setengah kg sekarang biasanya beli seperempat kg," tambahnya.


Nurul juga menjelaskan bahwa kenaikan harga bawang putih dikarenakan isu virus corona, sehingga adanya pelarangan impor bawang putih oleh pemerintah dari negara Cina.


Namun, dari pemberitaan beberapa media nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) menyanggah terkait isu naiknya bawang putih disebabkan penghentian impor dari Cina karena Virus Corona. Menurut Kementan, langkanya Bawang Putih karena terkendala dalam distribusi akibat cuaca ekstrem.


Penulis : Mustawaf Ansar/A

 

loading...