Skip to main content

Hapus Sekarang! Aplikasi Jenis Trojan Ini Curi Data Perbankan di Smartphone Anda

Hapus Sekarang!  Aplikasi Jenis Trojan Ini Curi Data Perbankan di Smartphone Anda
Ilustrasi trojan banking. (INT)

KABAR.NEWS - Para ahli cyber security yang tergabung dalam ESET, telah mendeteksi ada puluhan aplikasi jenis Trojan di Google Play Store yang bisa mencuri data perbankan dan informasi lainnya di smartphone android Anda.


Baca juga:

Ancaman trojan di aplikasi Android ditemukan  ESET, sejak Agustus sampai Oktober 2018 dan telah terinstal pada 30 ribu pengguna android. Meski pihak Google play store telah menghapus aplikasi itu secara permanen.

"Kami baru-baru ini menganalisis satu set 29 trojan tersembunyi seperti itu, yang ditemukan di toko Android resmi mulai Agustus hingga awal Oktober 2018," tulis peneliti cyber securty dari ESET, Lukas Stefanko, dilansir dari The Sun.

Menurut ESET, trojan yang ada di android menyamar sebagai aplikasi penguat smartphone seperti aplikasi pembersih perangkat (cleaning device) pengaturan daya baterai, dan bahkan aplikasi bertema horoskop atau berjenis ramalan zodiak. 


Contoh Trojan Perbankan yang ditemukan di Google Play Store (Dok. ESET)
Contoh Trojan Perbankan yang ditemukan di Google Play Store (Dok. ESET)

"Mereka dapat mencegat dan mengarahkan pesan teks untuk melewati otentikasi dua faktor berbasis SMS, mencegat log panggilan, dan mengunduh serta memasang aplikasi lain di perangkat yang disusupi."

Ketika terpasang di aplikasi smartphone android Anda, aplikasi berbahaya ini kemudian akan menyembunyikan dirinya, atau kerap berpura-pura tidak berfungsi secara normal di smartphone Anda.


Pesan kesalahan palsu yang ditampilkan oleh salah satu Trojans ini saat diaktifkan
Pesan kesalahan palsu yang ditampilkan oleh salah satu Trojans ini saat diaktifkan. (ESET)

Tapi menurut ESET, modus tidak berfungsi itu hanyalah kedok. Di balik layar, perangkat lunak Trojan akan mengirim dan membaca pesan teks, meniru aplikasi perbankan, dan bahkan mengunduh dan memasang aplikasi lain di smartphone android Anda.

"Malware dapat secara dinamis meniru semua aplikasi yang diinstal pada perangkat yang disusupi. Hal ini dicapai dengan mendapatkan kode HTML dari aplikasi yang diinstal pada perangkat dan menggunakan kode itu untuk melapis aplikasi yang sah dengan formulir palsu setelah aplikasi resmi diluncurkan," tulis ESET di laman resminya.
 

Lantas Bagaimana agar smartphone Anda tetap Aman?

Menurut ESET, Anda dapat memperbaiki masalah dengan hanya mencopot pemasangan aplikasi. Anda dapat melakukan ini dengan menuju ke Pengaturan> Umum> Manajer aplikasi / Aplikasi.

Namun, jika ada layanan pihak ketiga yang telah disusupi, Anda perlu mengubah kata sandi Anda pada akun tersebut secara manual. Anda juga perlu memeriksa bank Anda untuk transaksi yang mencurigakan.

"Kami juga menyarankan Anda untuk memeriksa kode password / PIN internet banking Anda," demikian menurut ESET.

Sekadar diketahui, dilansir dari Wikipedia, aplikasi jenis Trojan bersifat "stealth" (siluman dan tidak terlihat) dalam operasinya dan seringkali berbentuk seolah-olah program tersebut merupakan program atau aplikasi yang baik.
 



loading...