Skip to main content

Gubernur Sulsel Lepas Ekspor 5 Kontainer Komoditi Pertanian Senilai Rp 241 M

Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah saat melepas ekspor komoditas pertanian senilai Rp 241,73  miliar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sabtu, (23/2/2019).(KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah kembali melepas dan memberangkatkan ekspor komoditi pertanian Sulsel dengan nilai mencapai Rp. 241 miliar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sabtu (23/2/2019).


Menurut mantan Bupati Bantaeng dua periode ini, ekspor tersebut bentuk dari keberlanjutan produksi komoditi pertanian untuk mengisi pasar ekspor akan terjamin jika semua pemangku kebijakan bersatu, samakan visi untuk satu tujuan kesejahteraan rakyat.


Baca Juga:


"Jadi tidak ada alasan untuk tidak terus meningkatkan ekspor kita. Kedepan kita harus bersaing dengan negara-negara penghasil yang sama. Oleh karena itu hari ini kita mulai dengan komuditas yang ada ini," ucapnya disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin.


Adapun komoditas pertanian yang berhasil ekspor yaitu, kakao, kacang mede, cengkeh atau lada putih, karnel sawit, dan kakao biji, dikirim ke beberapa negara seperti, Amerika Serikat, Vietnam dan Malaysia. Dengan nilai Rp.241,73 miliar, terbagi dalam 5 kontainer, 


"Hanya satu yang diminta pelaku ekspor. Petani dan unsur terkait permudah perizinan," ucapnya.


Olehnya, Pemprov Sulsel akan menjamin senantiasa memberikan dukungan memperkuat iklim ekonomi melalui ekspor, dengan mempermudah setiap pengurusan izin usaha.


"Ini yang menjadi sebuah niat yang mulia dari pemerintah bahwa kita tidak hanya melakukan impor tetapi kita juga menjadi negera eksportir, itu yang harus kita garis bawahi," pungkasnya. 


Sementara itu, target Eskpor bulan depan pihaknya menargetkan sekitar 1.000 Ton hasil dari para petani yang tersebar di 24 kabupaten dan kota Se-Sulsel.

  • Andi Khaerul

 

loading...