Skip to main content

Google Stadia: Penggabungan Kualitas PS4 Pro dan Xbox One X

Google Stadia: Penggabungan Kualitas PS4 Pro dan Xbox One X
Google Stadia. (Credit: The Verge)

KABAR.NEWS - Para gamers di seluruh dunia dikejutkan dengan peluncuran Google Stadia. Sebuah layanan streaming game lintas platform, yang diperkenalkan di Game Developers Conference (FDC) di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (19/3/2019) waktu setempat.


Baca juga: Media Sosial "Basement", Bakal Jadi Pesaing Instagram dan Facebook?

Google Stadia disebut-sebut sebagai inovasi paling mutakhir tentang sistem permainan video game. Sebab layanan ini akan memungkinkan Anda memainkan segala macam game tanpa harus diunduh melalui internet atau kaset terlebih dulu.



Dilansir dari The Next Web, Google mengklaim bahwa dengan Stadia pengguna dapat memainkan sejumlah game di PC atau di smartphone hanya dengan mengaktifkan browser Chrome atau platform ChromeOS, atau bahkan TV Anda dengan Chromecast Ultra.


Google mengatakan sudah melakukan streaming judul intensif grafis pada resolusi 1080 pixel dan 60 fps; itu akan meningkatkan hingga resolusi 4K dan 60 fps, bersama dengan dukungan untuk HDR dan surround sound saat diluncurkan nanti pada tahun 2019.


Bagaimana Stadia bekerja? 


Google mengemas Cloud dan pusat data di seluruh dunia dengan komputer berbasis Linux khusus yang dilengkapi dengan prosesor 2.7GHz yang dipasangkan dengan RAM 16GB agar semua game dapat dimainkan di Stadia.


Bukan hanya itu, Stadia juga didukung dengan GPU khusus yang dibangun dengan kemitraan bersama AMD untuk memberikan 10,7 teraflops kekuatan pemrosesan untuk menjalankan game yang Anda mainkan. Sebagai gambaran sederhana, Stadia ibaratkan gabungan lebih dari PS4 Pro dan Xbox One X.


a
Stadia Controller. (Stadia via The Nex Web)

Pada Google Stadia juga tersedia tombol yang akan memungkinkan pengguna menangkap permainan dan membagikannya langsung ke YouTube.  

 

Fitur yang disebut State Share memungkinkan Anda mengundang orang lain, subscriber YouTube Anda, atau pengikut media sosial Anda untuk memainkan game tertentu, dengan posisi dan lokasi Anda hanya dengan mengirimkan tautan.


Dengan Google Stadia, juga dapat meningkatkan pengalaman Anda dengan mengurangi jeda loading, berkat kemampuannya untuk terhubung langsung ke cloud melalui koneksi Wi-Fi.


Google mencatat bahwa ia telah mengerjakan teknologi ini secara internal selama bertahun-tahun, dan memanfaatkan jaringan lebih dari 7.500 lokasi node edge di seluruh dunia untuk memberikan layanan ini dari cloud. 



Tujuannya adalah membuat game-game premium tersedia di berbagai perangkat, dan memungkinkan orang untuk menikmatinya dengan perangkat keras (smartphone, laptop, PC dan TV) apa pun yang Anda miliki.


Baca juga: Apple Siapkan Smartphone Lipat, disebut Sebagai iPhone 11

Di Google Stadia, tersedia tombol Google Assistant untuk membantu Anda saat mengalami kesulita pada suatu permainan game. Misal, ketika Anda menekan tombol Assistant, Anda tampaknya dapat meminta bantuan semacam tutorial atau cheat rahasia pada video game tertentu tanpa harus melakukan jeda.

 

Lantas berapa yang Anda harus gelontorkan untuk memiliki Stadia? Google belum mengatakan berapa biaya perangkat ini, tetapi perusahaan berjanji akan meluncurkannya akhir tahun ini di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan sebagian besar negara Eropa.

 

 

loading...