Skip to main content

Google Doodle Hari Ini Rayakan 44 Tahun Kelahiran Musik Hip Hop 

erererw
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS – Musik hip hop merupakan salah satu genre yang punya banyak penggemar setia. Sejak 44 tahun lalu, genre ini telah mewarnai sejarah dunia musik. Pada sebuah pesta yang berlangsung pada 11 Agustus 1973 di Bronx, kehadiran musik hip hop hadir pertama kali dan mampu memeriahkan pesta. 

Nah, demi merayakan hari bersejarah tersebut, Google Doodle hari ini, Jumat (11/08/2017) menampilkan tampilan menarik dan interaktif bagi pengunjung di laman utamanya. Tampak sebuah gambar graffiti berwarna-warni menghiasai laman muka mesin pencari tersebut. 

Gambar artistik itu didesain oleh Cay Adams, seorang artis legenda seni graffiti dunia dan merupakan pendiri dari perusahaan rekaman Def Jam.

Bila pengunjung situs mesin pencari Google, tepat pada gambar graffiti, maka laman akan menampilkan animasi yang menceritakan sejarah lahirnya genre musik ini. Setelah itu, video animasi tersebut akan berganti dengan permainan mini, di mana pengguna Google bisa merasakan sendiri cara mixing lagu Hip Hop.

Dirangkum dari laman History.com, musik hip hop pertama kali diperkenalkan oleh Dj Kool Herc, yang dikenal sebagai bapak pendiri hip hop. "Dengan menggunakan dua turntable, DJ memperpanjang break instrumen sehingga semua orang di pesta bisa menari lebih lama," tulis Google di video animasi tersebut.

Kini musik hip hop telah meraih popularitas ke hampir seluruh penjuru dunia. Salah satu goyangan dalam music hip hop disebut breakdance, juga sangat populer di Indonesia.