Skip to main content

Dua Kepala Daerah, Pare-Pare dan Enrekang akan Dilantik Akhir Oktober

Aoni
Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono. (KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) Soni Sumarsono mengatakan, Sulsel akan menggelar pelantikan kepala daerah untuk gelombang kedua.

Mereka adalah Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe dan wakilnya Pangeran Rahim, Bupati Enrekang Muslimin Bando dan wakilnya Asman akan dilantik lebih cepat 31 Oktober 2018. Sebelumnya, pelantikan tersebut dijadwalkan pada bulan Desember mendatang.

"Ya Gelombang kedua itu Enrekang dan Pare-Pare akhir Oktober, bulan Desember nanti tetap ada pelantikan serentak masuk Gelombang III," ujar Soni sapaan akrab Sumarsono, Jumat (12/10/2018).

Diketahui masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Enrekang periode 2013-2018 dalam hal ini petahana Muslimin Bando dan wakilnya Amiruddin berakhir 9 Oktober kemarin. Mereka digantikan oleh pelaksana harian (Plh) Chairul Latanro yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Enrekang.

Hal itu dibenarkan Kepala Biro Pemerintahan Sulsel, Hasan Basri Ambaralla. Jabatan tersebut diisi oleh Pelaksana Harian (Plh) dalam hal ini Sekda yang akan ditunjuk menjalankan pemerintahan hingga masa pelantikan Kepada Daerah baru.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah akan melakukan penunjukan Pejabat (PJ) Bupati jika pelantikan tersebut dilaksanakan bulan Desember mendatang, lantaran masih ada waktu satu bulan menunggu. 

  • Andi Khaerul