Skip to main content

Didaulat sebagai Kabupaten Layak Pemuda, Perda Kepemudaan Disahkan DPRD Gowa

PEMKAB GOWA
Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Kepemudaan oleh DPRD Gowa. (IST)

 

KABAR.NEWS, Gowa - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Penyelenggaraan Kepemudaan akhirnya disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Senin (11/2/2019).

 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan Perda ini sebagai upaya tindak lanjut atas penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, terkait Gowa menjadi kabupaten layak Pemuda. "Maka setelah itu tindak lanjutnya adalah harus ada perda terkait kepemudaan. Ini tindak lanjut dari penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Gowa," ujar Adnan.

 

Sementara, terkait tujuan adanya Perda kepemudaan, Adnan memaparkan, bagaimana Pemkab Gowa membuat sebuah wadah untuk bisa mengembangkan potensi kepemudaan yang ada di wilayah Kabupaten Gowa.

 

"Seperti yang saya jelaskan tadi, sebenarnya Kabupaten Gowa sudah melaksanakan itu sebelum adanya Perda ini. Contohnya dengan penddikan gratis, dengan seluruh inovasi pendidikan, kemudian pengiriman pemuda-pemuda yang berprestasi di Kabupaten Gowa untuk masuk di program Seperempat Abad," terang Adnan.

 

Sehingga, itulah yang menjadi salah satu program pengembangan potensi kepemudaan yang ada di Kabupaten Gowa. Namun selama ini, diakui Adnan, memang belum memiliki payung hukum. Dengan demikian, dengan adanya Perda inilah yang menjadi payung hukumnya.

 

Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kabupaten Gowa, Abdul Rasak, mengaku Kabupaten Gowa sudah selayaknya menerapkan Perda tersebut. Sebab ada 3 alasan Kabupaten Gowa layak menerapkan Perda Penyelenggaraan Kepemudaan tersebut. Pertama, karena Gowa memiliki kualitas pemuda yang sangat baik.

 

"Daerah ini secara historis memiliki sejarah lahirnya tokoh pemuda menjadi pemuda terbaik di daerah provinsi dan tingkat nasional sehingga selayaknya kabupaten Gowa memiliki peraturan daerah tentang penyelenggaraan kepemudaan," ujarnya.

 

Alasan kedua, menurut Abdul Rasak  Kabupaten Gowa memiliki potensi yang sangat besar yang bisa dikembangkan dan bisa diberdayakan. "Jika kita melihat apa yang ada, memiliki potensi pemuda yang sangat besar untuk dikembangkan dan diberdayakan sebagai salah satu bukti tersebut melalui pemberian penghargaan Kabupaten Layak Pemuda pada tingkat nasional," tambahnya.

 

Sedangkan alasan ketiga, yakni dengan dipimpin oleh Bupati termuda se Indonesia Timur, dapat menjadi alasan kuat mengapa Gowa harus menerapkan Perda Kepemudaan.

 

"Kabupaten Gowa dipimpin oleh seorang bupati yang tercatat sebagai bupati  termuda di Indonesia Timur sehingga sangat layak kiranya pemuda kabupaten Gowa begitu banyak kesempatan yang gemilang untuk jaring potensi dan mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang," pungkasnya.

 

Afrilian Cahaya Putri

 

loading...