Skip to main content

Destinasi Akhir Pekan Ini, Yuk ke Sultan Halal Fest Disbudpar Sulsel

Akhir Pekan Ini, Yuk ke Sultan Halal Fest Disbudpar Sulsel
Panitia pelaksana Sultan Halal Fest menyampaikan keterangan kepada media di Claro Hotel Makassar, Rabu (4/9/2019). (KABAR.NEWS/Mustawaf Ansar)

KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulsel, bekerja sama Badan Promosi Daerah Pariwisata (BPDB) menggelar acara wisata halal bertajuk "Sultan Halal Fest".

 

Sultan Halal Fest nantinya digelar di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, pada akhir pekan ini mulai Jumat (6/9/2019) besok hingga Minggu 8 September.


Baca juga: Wagub Sulsel Ingin Toraja Punya Tempat Wisata Halal

Seperti namanya, wisata halal adalah bentuk pariwisata bernuansa muslim dengan mudah mendapatkan makanan yang halal, tempat ibadah, dan lain-lainnya.


"Merujuk pada nama Sultan Halal Fest, kata sultan diambil dari sejarah masa lalu di Makassar di mana kerajaan islam pernah berjaya, dan dipimpin oleh beberapa sultan," ucap Ketua Panitia Sultan Halal Fest, Akbar Anugrah, di Claro Hotel, Rabu (4/9/2019).


Selain itu, kata Akbar, tema Sultan Halal Fest dipilih karena terinspirasi dari ungkapan "Sultan mah bebas" yang kerap dilontarkan kaum milenial. Oleh karena itu, kegiatan ini diharap dapat menggaet pengunjung dari kelompok tersebut.


"Kegiatan ini semoga mampu menargetkan wisatawan-wisatawan muslim yang ada di negara-negara tetangga, dan yang ada di timur tengah," kata Kepala BPDB Sulsel, Didi Leonardo Manaba, menambahkan pernyataan ketua panitia.


Didi mengungkapkan, wisata halal ini bakal dikonsepkan sesuai dengan waktu ibadah umat muslim. Tujuannya adalah mengutamakan layanan kepada para pengunjung.


"Produk dari pariwisata adalah jasa, jasa jika ditarik ke belakang maka akan berbicara pelayanan. Pelayanan jika dirunut kebelakang lagi adalah pelayanan kepada wisatawan," tandas Didi.


Baca juga: Dorong Sektor Riil, Gaungkan Ekonomi Syariah di Sulsel Melalui Wisata Halal

Kepala Disbudpar Provinsi Sulsel, Denny Irawan Saardi berharap, wisata halal bisa menfasilitasi dan memberi rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan muslim.


Wisata Halal Dispar Sulsel dan BPDB bakal diisi dengan sejumlah item kegiatan di antaranya Tablikh Akbar, Talk show, Muslim Fashion, Paket wisata religi, donor darah, pameran travel umrah, donasi kekeringan, dan pameran produk Halal.


  • Mustawaf Ansar/CP/B

 

loading...