Skip to main content

Cuplikan Gol Timnas Indonesia U-16 Vs Australia Perempat Final Piala Asia

a
Pemain Timnas Indonesia (merah) saat akan merebut bola yang dibawa pemain Timnas Australia, Senin (1/10/2018). (IST/AFC)

 

KABAR.NEWS, Malaysia - Perjuangan  Timnas Indonesia U-16 pada perempat final Piala Asia U-16 2018 akhirnya berakhir setelah kalah 3-2 dari Timnas Australia, dalam pertandingan di Stadion Nasional Bukit Jalil Malaysia, Senin (1/10/2018).

Kekalahan itu juga mengubur impian Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-17 2019 di Peru.  Andai menang, skuad Garuda Muda lolos ke semi final dan menggenggam tiket Piala Dunia. Namun sayang, Australia cukup kuat bagi Indonesia di Piala Asia U-16.

Bermain di hadapan ribuan pendukung, Timnas Indonesia sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol yang diciptakan Sutan Zico pada menit ke-17. Gol itu berawal dari blunder pemain belakang tim Kanguru Muda yang salah dalam mengontrol bola.

 

 

Unggul 1-0 membuat skema permainan Timnas asuhan Fakhri Husaini terus berkembang. Akan tetapi Australia yang memiliki postur pemain yang di atas rata - rata pemain Indonesia memang kerap menyulitkan. Jual beli serangan terus berlanjut hingga wasit meniup berakhirnya babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Enam menit usai turun minum, Australia menyamankan skor lewat Daniel Thomas Walsh (51). Tak butuh waktu lama Socceroos membalikkan kedudukan menjadi 2-1 berkat gol Adam James Leombruno.

 

 

Tertinggal 2-1, Bagus Kahfi dan kawan - kawan terus berupaya melancarkan serangan. Namun berbagai peluang yang tercipta selalu gagal di penyelesaian akhir pemain Timnas Indonesia. Alih - alih menyamakan kedudukan, Australia justru memastikan kemenangan lewat gol Noah Vinko Botic menit 74.

Meski tertinggal dua gol, pemain Timnas belum menyerah. Upaya itu berhasil setelah Rendy Juliansyah memperkecil kedudukan pada menit 88. Di masa injury time Timnas nyaris menyamakan kedudukan andai tendangan Bagus di mulut gawang Australia tidak melambung di atas mistar gawang. 

 

Akhirnya wasit menium peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dan Australia menang 3-2. Australia akan berjua Jepang di babak semi final Piala Asia U-16.