Skip to main content

Corona, Napi Baru Lapas Perempuan Dititip di Rutan Makassar

Corona, Napi Lapas Perempuan akan Dititip di Rutan Makassar
Rumah Tahanan Klas IA Makassar. (Google Street View)

KABAR.NEWS, Makassar - Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Makassar menyiapkan ruangan khusus untuk menampung sejumlah narapidana atau Napi yang negatif Covid-19 dari Lapas Perempuan Klas IIA Sungguminasa, Gowa.


Kepala Rutan (Karutan) Klas I Makassar, Sulistyadi, mengatakan tahanan dari Lapas Perempuan dialihkan atau dititip untuk mengantisipasi penularan Covid-19.


Baca juga: Napi Meninggal Berstatus PDP, Ini Penjelasan Karutan Makassar


Diketahui, ada 16 tahanan positif Corona di Lapas Perempuan Sungguminasa dan 6 di antaranya adalah balita. Mereka yang bakal dititipkan di Rutan Makassar merupakan tahan yang sudah divonis.


"Jadi untuk tahanan perempuan yang sudah vonis bisa dititip di rutan sementara waktu sampai kasus Covid-19 di LPP Sungguminasa, selesai atau steril," ujar Sulistyadi kepada wartawan di Makassar, Kamis (25/6/2020).


Selain napi perempuan, napi baru dalam tindak pidana umum lainnya juga telah dipersiapkan tempat di rutan. Namun, napi bakal masuk, harus menyertakan keterangan bebas Covid-19 dari kejaksaan.


"Tahanan yang diterima di rutan telah menjalani serangkaian protokol Covid-19, salah satunya rapid test dengan hasil non-reaktif. Kami sediakan ruang isolasi mandiri bagi tahanan pengadilan," kata Sulistyadi.


Baca juga: Kajati Sulsel Ingatkan Jangan Mainkan Harga Lahan Jalur Kereta Api


Lanjut Sulstyadi, Rutan Klas I Makassar secara bertahap akan menerima tahanan baru. Jangka waktu 14 hari ke depan pihaknya cuma menerima sebanyak 70 tahanan.


Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan di tempat yang telah disediakan di dalam rutan.


"Untuk siklus 14 hari pertama, Rutan Makassar hanya menerima tahanan baru pengadilan maksimal 70 orang untuk alokasi 3 kamar isolasi yang telah disiapkan khusus di blok Syech Yusuf," pungkasnya.


Penulis: Reza Rivaldy/B

 

Flower

 

loading...