Skip to main content

Cegah Gejala Depresi Sedini Mungkin, Lakukan Olahraga Ini

tytytytytyyt
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS - Depresi merupakan masalah yang kini sering dialami oleh manusia modern. Apalagi di tengah peliknya persoalan hidup yang mendera. Para ilmuwan menyatakan bahwa ada satu bentuk aktivitas fisik yang bisa membantu mengatasi mood yang rendah, kecemasan, dan mengurangi stres, dan melawan rasa depresi dalam sejumlah kasus.

Dilansir oleh Independent, pada acara 125th Annual Convention of the America Psychological Association, sejumlah enam presentase studi yang menemukan bahwa yoga bisa mencegah dampak pada orang yang menderita depresi.

Salah satu studi, dilakukan San Francisco Veterans Affairs Medical Center, menemukan bahwa veteran pria yang mengambil kelas yoga dua kali sepekan selama delapan pekan punya gejala yang lebih rendah terhadap sejumlah penyakit, diantaranya depresi.

"Yoga kini telah menjadi olahraga populer di negara Barat, dan beberapa praktisi yoga menyebutkan ," kata penulis laporan studi tersebut, Dr Lindsey Hopkins.

"Tetapi penelitian empiris pada yoga masih tertinggal popularitasnya pada pendekatan untuk mengatasi kesehatan mental" imbuhnya.

Studi lainnya, oleh Alliant University di San Fransisco, menemukan perempuan berumur 25 hingga 45 yang mengikuti kelas yoga sebanyak dua kali sepekan selama periode delapan pekan juga punya dampak signifikan dalam mengurangi gejala depresi dibandingkan mereka yang tidak mengikuti kelas.

Penelitian yang melibatkan banyak orang dari berbagai lapisan umur dan gender tersebut menemukan bahwa terdapat korelasi positif antara mempraktikkan yoga dan pengurangan gejala atau perasaan depresi.  

Meski demikian, para peneliti juga menambahkan bahwa meski aktivitas fisik ini terbukti membantu, hal ini tidak bisa menggantikan sepenuhnya terapi tradisional dalam mengatasi tekanan stres dan depresi.

Potensi yoga setidaknya bisa menjadi pendekatan yang baik dalam proses pencegahan. "kami hanya bisa merekomendasikan yoga sebagai pendekatan tambahan, mungkin akan lebih efektif bisa disertai dengan pendekatan standar lainnya yang dilakukan oleh ahli terapi profesional," jelas Hopkins.

Nah, dari penjelasan di atas bisa menjadi acuan bahwa yoga punya efek potensial jika dilakukan dengan rutin untuk mencegah meningkatnya depresi.