Skip to main content

Catat ! Hindari 6 Kebiasaan Ini Agar Raut Wajah Tidak Cepat Menua

older
Ilustrasi (INT)

 

KABAR.NEWS – Sama seperti kematian, menjadi tua merupakan hal pasti. Namun, terkadang ada sejumlah orang nampak jauh lebih tua dari umur biologisnya. Kondisi tersebut merupakan masalah umum yang dihadapi oleh sebagian besar pria dan berhasrat ingin mengatasinya, menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery. 

 

Nah, ternyata kondisi tersebut bisa dikontrol dengan gaya hidup yang baik, lho. Dirangkum dari Menshealth, berikut ini sejumlah cara yang mesti dihindari agar kondisi wajah nampak lebih segar dan awet muda :

 

1. Lindungi dari Sinar Matahari

Sinar matahari pada kondisi tertentu bisa menyehatkan. Namun, pada kondisi yang berlebih, justru bisa berdampak sebaliknya.  “Sinar ultraviolet bisa merusak kolagen, elastin, dan sel kulit kita. Ini bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit lewat kerutan, bercak hitam, atau munculnya kanker,” ujar Joshua Zeichner, M.D., direktur riset kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital.

 

2. Tidur yang cukup

Tidur tidak hanya membuat kita segar kembali, namun juga membantu kita terlihat muda lebih lama. Anda tentu pernah bercermin dan melihat muka lelah saat kurang tidur. Terlihat tua kan?

Durasi tidur yang kurang bisa menyebabkan peremajaan kulit terganggu. Hal ini terjadi karena saat kita terlelap kulit dan tubuh kita memperbaiki kerusakan yang terjadi, misalnya karena paparan sinar matahari, polusi, dan sebab lain.

Artinya, bila kita kurang tidur, proses peremajaan itu menjadi tidak sempurna, dan kulit seolah tidak siap untuk menghadapi hari berikutnya, menurut Dr. Zeichner. Maka dari itu pastikan durasi tidur anda cukup dalam sehari agar proses peremajaan kulit berlangsung dengan baik. 

 

3. Konsumsi buah dan sayur

Sejumlah studi, salah satunya dari American Academy of Dermatology, membenarkan bahwa makanan sehat yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran bisa mencegah kerusakan kulit yang membuatnya tampak tua sebelum waktunya. 

Hal tersebut karena nutrisi yang terkandung pada buah dan sayur, diantaranya antioksidan dan vitamin, yang membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan membuat sel kulit lebih sehat. Karena itu, jangan lupa masukkan buah dan sayur dalam menu harianmu. 

 

4. Kurangi konsumsi gula

Ada sejumlah dampak kesehatan yang mencul bila mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih. Diantaranya yakni berat badan. Selain itu, masalah pada wajah juga bisa timbul,lho. 

Ternyata maka terlalu banyak gula bisa menyebabkan glikasi, suatu proses dimana molekul gula menempel pada kolagen di kulit. Ini membuatnya keras dan kurang elastis, sehingga kerutan akan muncul di bagian wajah.

 

5. Berhenti merokok

Tak hanya sejumlah penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan rusaknya paru-paru. Kebiasan merokok juga bisa berdampak pada kulit. 

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Plastic and Reconstructive Surgery menyatakan bahwa, merokok bisa menyebabkan seseorang terlihat lebih tua dengan cepat. Hal tersebut terjadi karena merokok mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit (dan bagian tubuh lain). Maka dari itu ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan merokok agar tidak berdampak buruk pada kulit.

 

6. Hindari minuman beralkohol

Alkohol juga punya potensi membuat kulit kering sehingga wajah kita akan nampak kasar dan kusam. Berdasarkan studi, alkohol dapat menurunkan antioksidan dalam kulit. Hal itu akan mempermudah proses kerusakan pada kulit. 

Nah, demikian sejumlah kebiasaan yang mesti dihindari bila ingin kulit nampak lebih segar dan terhindar dari penuaan dini.