Skip to main content

Cara Sampoerna Ciptakan Ekonomi Kreatif, Gelar Pelatihan Membatik di Gowa

Puluhan masyarakat mengikuti pelatihan membatik yang diadakan oleh PT HM Sampoerna dengan tema 'Sampoerna Membangun Negeri' di Aula Cemara, Kabupaten Gowa, Selasa (9/8/2017). (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Gowa - PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) menggelar pelatihan membatik kepada sejumlah masyarakat di Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, di Aula Cemarah Sungguminasa, Rabu (9/8/2017).

Manager Stakeholder Relation CSR Fasilities Sampoerna Indonesia, Mahfud Syah mengatakan, pelatihan membatik ini bertujuan menciptakan potensi-potensi ekonomi kreatif melalui usaha kerajinan batik oleh masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Gowa.

"Pelatihan ini merupakan komitmen sosial dari Sampoerna untuk memberi pelatihan membatik kepada masyarakat, agar mampu mengembangkan potensi kerajinan batik dan akhirnya bisa bermanfaat secara ekonomi," ujar Mahfud Syah.

Mahfud Syah berharap, masyarakat dapat memanfaatkan ilmu membatik ini untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. "Nanti setelah pelatihan, kita akan buka layanan konsultasi kepada masyarakat apabila masih ada peserta yang ingin berkonsultasi mengenai membatik khususnya pelatihan batik tulis," ujar Mahfud.

Sementara, HM Amir Uskara yang mewakili masyarakat setempat berkeinginan suatu saat masyarakat Kabupaten Gowa memiliki kemampuan untuk membuat batik tulis, sehingga Kabupaten Gowa menjadi salah satu daerah pengrajin batik tulis.

"Saya punya mimpi, suatu saat Kabupaten Gowa bisa mengembangkan kerajinan batik tulis. Sehingga orang di Sulsel tidak usah jauh - jauh ke Pulau Jawa untuk mencari Batik Tulis," kata HM Amir Uskara dalam sambutannya.

Jika tak ada aral melintang, pelatihan membatik yang digelar oleh Sampoerna Indonesia akan berlangsung sampai tiga hari ke depan. Dan, peserta pelatihan membatik dilatih langsung oleh pebatik HM Sampoerna.

  • Arya wicaksana