Skip to main content

Bupati Batubara OTT KPK Jalani Pemeriksaan di Polda Sumut

KPK
Kantor KPK. (Int)

KABAR.NEWS, Medan - Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Sumatera Utara (Sumut). Dia ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Arya menjalani pemeriksaan awal sebelum nantinya diterbangkan ke Jakarta. "Iya (masih pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda Sumut)," ucap Direktur Reskimsus Polda Sumut Kombes Toga Panjaitan kepada awak media, Rabu (13/9/2017).

Dia menyebut pemeriksaan awal oleh KPK terhadap Arya kemungkinan sampai malam hari. Setelah itu, dia baru akan diterbangkan ke Jakarta.

"Mungkin malam ini terbang (diberangkatkan) ke Jakarta," sambung Toga.

Sementara itu, petugas piket Ditreskrimsus Polda Sumut AKP Sahat Tarigan mengatakan KPK sampai di Polda Sumut pada siang tadi sekitar pukul 14.00 WIB.

"Sampai siang tadi, sekarang masih pemeriksaan," kata Sahat saat berbincang dengan detikcom.

Sebelumnya KPK telah membenarkan soal OTT itu. Kabiro Humas KPK Febri Dianyah menyebut ada 7 orang yang ditangkap. Arya diduga menerima suap terkait pengurusan sejumlah proyek.

"Ada sejumlah uang juga yang kita amankan. Indikasinya penerimaan arau hadiah janji tersebut terkait dengan adanya fee pengurusan sejumlah proyek di sana," kata Febri.

Febri menyebut di antara 7 orang itu ada unsur penyelenggara negara serta unsur pejabat daerah yaitu kepala dinas dan dari swasta.

"Ada unsur kepala daerah sebagai penyelenggara negara. Tentu sekarang proses pemeriksaan masih dilakukan, pemeriksaan awal," ucapnya.

KPK memiliki waktu 1 x 24 jam setelah OTT untuk kemudian menentukan status hukum dari para pihak yang ditangkap tersebut.