Skip to main content

Bukit Bollangi Gowa Suguhkan Panorama Alam Mirip Raja Ampat

Bukit Bollangi Gowa, Destinasi Wisata Mirip Raja Ampat
Seorang pengunjung mengabadikan momen di Bukit Bollangi, Desa Timbuseng, Pattalassang, Gowa. (KABAR.NEWS/Reza Rivaldy)

KABAR.NEWS, Gowa - Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, memang menyimpan banyak keindahan alam salah satunya yang ramai dibahas di media sosial adalah Bukti Bollangi.


Destinasi wisata ini terletak di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa. Jaraknya dari Sungguminasa ibukota kabupaten ini tak lebih 15 Km.


Hamparan danau yang luas di bawah lereng pegunungan, menjadikan Bukit Bollangi disebut menyuguhkan panorama alam mirip Raja Ampat di Papua Barat.


Baca juga: Akademisi: Perlu Prosedur Baru untuk Perhotelan dalam Hadapi New Normal


Salah satu daya tarik Bukit Bollangi adalah spot foto, yang mana wisatawan bisa mengabadikan gambar pemandangan lereng perbukitan, danau, disertai dataran-dataran kecil yang berada di tengah danau.


Jalan menuju lokasi juga dapat ditempuh menggunakan roda dua, mau pun roda empat. Melewati pemukiman-pemukiman penduduk yang masih menggunakan rumah panggung, kental dengan rumah khas suku Bugis-Makassar.


a
Wisatawan di Bukit Bollangi Gowa. (KABAR.NEWS/Reza Rivaldy)

Jalur pendakian, turunan, berkelok-kelok, serta jalan sempit akan Anda jumpai sebelum sampai di lokasi. Saat KABAR.NEWS tiba di Bukit Bollangi, Rabu (10/6/2020), ada ratusan pengunjung terlihat meski di tengah ancaman penularan Covid-19


Sesampainya di lokasi, beberapa pemuda sudah siap menawarkan retribusi masuk Rp5 ribu. Kawasan Bukit Bollangi memang belum menjadi destinasi wisata yang dikelola pemerintah setempat.


Salah satu pengunjung asal Kota Makassar mengungkapkan bahwa wisata baru ini memang cocok dijadikan untuk spot foto.


"Saya baru dua kali kesini, awalnya ditutup karena covid kan, tapi kan penasaranka jadi ku coba lagi kesini, eh. Syukur ternyata dibukaji, tapi itumi banyak orang," kata Tiara di lokasi.


a

Kata Tiara, ia mengetahui tempat lokasi wisata ini dari rekannya, ditambah media sosial yang menunjukkan keindahan alam yang dapat dilihat dari bukit ini.


"Saya dikasi temanku bilang ayo pergi foto di sini, saya dari Makassar, tapi ini temanku dari Maros maunaji bede kesini pergi foto. Bagus memang viewnya bisaki difoto dari atas bukti jadi di belakang ta ini danau Bili-bilimi," pungkasnya.


Memang hamparan air itu hanya air waduk bendungan Bili-bili, namun terlihat jernih dari Bukit Bollangi. Sejauh mata memandang, tampak pula pemandangan indah berupa gugusan pegunungan mengelilingi waduk.


Baca juga: Dermaga Tamarunang Jadi Spot Instagramable di Jeneponto


Selain itu, di tengah waduk juga terdapat beberapa pulau yang dipenuhi tumbuhan hijau makin menambah eksotisme panorama alamnya yang Raja Ampat.


Menurut warga yang tinggal sekitaran bukit Bollangi ini, menuturkan lokasi ini paling ramai dikunjungi warga untuk berwisata foto pada waktu sore hari.


"Sore memang paling banyak orang, tapi menurutku lebih bagus pagi karna diliatki matahari terbit," katanya.


Penulis: Reza Rivaldy/A

 

Flower

 

loading...