Skip to main content

Bukan Terry-Ferdinand, Kompany Anggap Van Dijk Bek Terbaik

kabar.news
Virgil van Dijk. (INT)
 

 

KABAR.NEWS – Eks kapten Manchester City Vincent Kompany tak menganggap Ferdinand maupun John Terry sebagai bek terbaik sepanjang sejarah Premier League. Bagi Kompany, bek Liverpool Virgil van Dijk adalah yang terbaik.


Van Dijk sendiri dibeli Liverpool di pertengahan musim 2017/2018 silam dari Southampton seharga 75 juta paun, yang memecahkan rekor bek termahal di dunia kala itu. Ia langsung menjadi jenderal di lini belakang tim, membawa 'Si Merah' bertarung untuk gelar juara di dua musim berikutnya.


Musim lalu Liverpool cuma kalah satu poin dari Man City dalam perebutan titel, sementara musim ini dalam posisi lebih baik. Anak-anak Merseyside cuma butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar Premier League pertama, dengan keunggulan 25 poin dari Man City di posisi dua.

Meski masih harus menunggu titel Liga Inggris, Van Dijk setidaknya sudah mengantarkan Liverpool jadi juara Liga Champions musim lalu. Pengaruh besar Van Dijk di Liverpool sampai bikin Kompany menyebutnya sebagai yang terbaik dalam sejarah Premier League.


"Saya akan pilih Virgil van Dijk sebagai bek terbaik di sejarah Premier League. Itu pilihan yang aneh sebenarnya, karena dia belum lama ada kancah ini seperti Terry dan Ferdinand," ungkap Kompany kepada Sporf, seperti dikutip Liverpool Echo, Senin (11/5/2020).


"Para pemain tersebut sudah bermain di liga ini untuk waktu yang sangat lama. Tapi sinyal-sinyal yang diberikan Van Dijk di beberapa musim terakhir membuat segalanya begitu jelas, bahwa kalau dia bakal mencapai level top sebelum itu, dia juga bakal melaju lebih jauh lagi," imbuhnya.


Dalam dua musim penuh sejak kedatangannya, pertahanan Liverpool meningkat pesat. Musim lalu mereka cuma kemasukan 22 gol sepanjang musim dan tahun ini baru kebobolan 21 kali dari 29 laga.
Sebagai perbandingan, Liverpool kemasukan 42 gol pada musim 2016/2017, sebelum bek tengah asal Belanda tersebut gabung.


"Dia membuat perbedaan besar terhadap timnya. Seorang bek tidak pernah berdiri sendiri, itu soal komunikasi dengan rekan setim dan bagaimana Anda membuat tim lebih kuat," sambung Kompany.


"Liverpool sebelum Van Dijk dan setelah hadirnya Van Dijk itu tim yang sepenuhnya berbeda. Itulah sebabnya saya memilihnya sebagai bek terbaik sepanjang masa Premier League," katanya.

 

Flower

 

loading...