Skip to main content

Bosowa Semen Tak Khawatir PT Conch Bangun Pabrik di Barru

Bosowa Semen Tak Khawatir PT Conch Bangun Pabrik di Barru
Ilustrasi. Kendaraan operasional Bosowa Semen yang beroperasi di pabrik perusahaan tersebut di Kabupaten Maros, Sulsel. (IST)

KABAR.NEWS, Maros - PT Conch dikabarkan akan segera membangun pabrik semen di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Rencana tersebut sempat terhenti akibat terkendala izin.


Bila PT Conch membangun pabrik, maka pasar industri semen di Sulsel akan semakin ketat. Seperti yang kita ketahui, di Kabupaten Maros sudah ada Pabrik Semen yaitu PT Semen Bosowa dan di Kabupaten Pangkep ada PT Semen Tonasa.


Baca juga: Harga Bawang dan Tomat di Pasar Pa'baeng-baeng Naik Drastis


Menanggapi kehadiran PT Conch, Corporate Communication Departemen Head, Budiman Habe mengatakan pemerintah Indonesia memang sudah membuka pintu lebih lebar bagi investor asing. Hal tersebut mengakibatkan semakin banyaknya perusahaan asing yang ingin membangun pabrik khususnya di Sulsel.


"Memang kita ketahui Presiden kita kan sudah membuka pintu investasi asing lebih lebar. Jika hal itu dinilai memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan pemerintah yah sah-sah saja," kata Budiman saat Media Gathering Bosowa Semen di Kafe The Clove, Maros, Selasa (11/2/2020).


Ia juga mengatakan saat ini ratusan usaha lokal juga merasakan dampak dari bebasnya investor asing masuk ke Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan harus gulung tikar akibat hal tersebut.


"Persaingan hari ini memang semakin ketat. Bisa kita lihat, di Indonesia ratusan usaha harus tutup akibat gagal bersaing. Sekarang kita harus pintar-pintar menyesuaikan diri untuk bertahan," ungkapnya.


Baca juga: Warga Sekitar Pabrik Semen Bosowa: "Sangat Terganggu Suara Ledakan, Dinding Rumah Retak"


PT Conch rencananya akan membangun pabrik semen di , Kelurahan Sepe'e, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru Sulsel dengan luas lokasi 80 hektar.


Saat ini PLTU milik PT Conch sementara dibangun di atas lahan seluas 40 hektar di Jalan Andi Bau Massepe, Kelurahan Mangngempang, Kecamatan Barru.


Penulis: Fahrul/B

 

loading...