Skip to main content

Bio Farma Produksi Vaksin Sinovac Diibaratkan Masak Rendang

Bio Farma Produksi Vaksin Sinovac Diibaratkan Masak Rendang
Ilustrasi produksi vaksin di laboratorium. (Reuters)

KABAR.NEWS, Jakarta - Vaksin Virus Corona atau Covid-19 dari perusahaan Cina, Sinovac, akan diproduksi oleh PT Bio Farma (persero) untuk diedarkan di Indonesia.


Proses produksi vaksin oleh Bio Farma diibaratkan seperti membuat masakan rendang. Pengibaratan itu disampaikan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.


Dia membeberkan, Bio Farma akan menggarap sejumlah proses bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac untuk menjadi produk akhir. Salah satu proses yang harus dilalui adalah filling atau pengisian.


"Jadi, Bio Farma mendapatkan bahan baku dari Sinovac, bahan baku ini akan diformulasikan, kemudian di-filling dan  di-packaging. Nah, tiga proses inilah yang dilakukan oleh bio farma," kata Arya Sinulingga di Jakarta, Sabtu (22/8/2020) dikutip dari Kantor Berita Antara.


Dalam proses produksi vaksi Corona yang diibaratkan seperti membuat rendang, Arya memposisikan Bio Farma sebagai pihak yang memasak daging rendang tersebut. Sementara, Sinovac selaku pihak yang menyediakan daging sebagai bahan baku rendang.


"Kalau rendang Padang itu kan bahan bakunya daging nih. Nah di situ dipotong potong kecil, kemudian dikasih bumbu, dipanaskan sampai kering, jadilah rendang. Jadi bahan bakunya doang yang dari Sinovac. Untuk membuat 'rendangnya' itu ya Bio Farma," ucapnya.


Setelah itu, kata dia, Bio Farma melakukan pengemasan yang selanjutnya akan diedarkan ke masyarakat.

 

 

Flower

 

loading...