Skip to main content

Bicara Pilkada 2020, Direktur IPI: Partai Lain Jangan "Kalah" Start dari PDIP

Bicara Pilkada 2020, Direktur IPI: Partai Lain Jangan "Kalah" Start dari PDIP
Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir. (KABAR.NEWS/Arya)

KABAR.NEWS, Makassar - Sejumlah partai politik telah membuka penjaringan bakal calon menjelang tahapan Pilkada serentak 2020. Terutama partai pemenang Pemilu 2019, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

 

Di beberapa daerah khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel), salah satu partai pendukung pemerintah tersebut telah membuka pengambilan formulir sejak 1 September. Sementara partai lain dan atau oposisi belum tampak bergaung.


Baca juga: Muammar Muhayang Suarakan Kelompok Milenial di Pilkada Pangkep

Langkah cepat PDIP menyambut Pilkada 2020 dianggap sangat strategis oleh Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir. Suwadi berpendapat partai lain khususnya oposisi, juga sebaiknya segera membuka pendaftaran calon.

 

"Partai oposisi misalnya, di satu sisi semestinya harus lebih dulu bergerak menyambut Pilkada serentak dibanding partai berbasis pemerintah. Tapi, pada sisi lain, jangan sampai juga buru-buru karena bisa jadi blunder dalam mengambil keputusan," ujar Suwadi Idris ketika dihubungi KABAR.NEWS, Senin (9/9/2019).

 

Menurut Suwadi, meski hari pencoblosan Pilkada serentak 2020 masih tersisa satu tahun lagi, namun dari rentang waktu tersebut, partai politik khususnya yang belum maksimal di Pemilu 2019 bisa mempersiapkan banyak hal.

 

Terutama kata Suwadi, seperti persiapan parpol tentang mekanisme penjaringan dan mempersiapkan figur yang bakal diusung. Menurut dia, parpol harus punya terobosan - terobosan baru dalam menjaring bakal calon kepala daerah serta meracik strategi pemenanagannya.

 

"Paling tidak, partai politik mengedepankan riset sebelum memutuskan usungan bakal calon. Bisa survei satu sampai dua kali untuk melihat bagaimana mengukur keterpilihan calon," beber Suwadi.


Iklan
Ads

Kembali pada kasus PDIP, Suwadi berpendapat bahwa partai besutan Megawati Soekarno Putri ini punya kesiapan infrastruktur dan suprastruktur yang kuat sehingga penjaringan bakal calon Pilkada serentak lebih dini dilakukan.


Baca juga: KPU Belum Pasti Terapkan Sistem e-Rekap di Pilkada 2020

"Sehingga dia (PDIP) benar - benar siap menghadapi Pilkada serentak 2020. Apalagi setelah mereka memenangkan Pilpres dan Pileg kemarin. Tapi perlu diingat, start duluan PDIP belum tentu cocok dengan kondisi internal partai yang lain," pungkas Suwadi.

 

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana akan melaunching tahapan Pilkada serentak 2020 pada 23 September 2019.

 

loading...