Skip to main content

Beritakan Fakultas Kedokteran, Uin Alauddin Ancam Skorsing Mahasiswa

a
Gedung rektorat Kampus Uin Alauddin Makassar, di Jalan Yasin Limpo, Samata, Gowa. (INT)

KABAR.NEWS, Makassar - Komisi Penegakan Kode Etik (KPKE) Universitas Islam Negeri Alauddin (Uin Alauddin) Makassar, menerbitkan rekomendasi skorsing kepada mahasiswa atas nama Nanda Bahtiar karena sebuah berita yang ditulisnya.



Awal ancaman skorsing itu, saat Nanda menulis berita terkait Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Uin Alauddin. Berita yang ditulis nanda, terbit di tempat kerjanya sebagai wartawan salah satu media cetak terbesar di Indonesia Timur. Berita itu terbit pada Mei 2018 lalu. 

Fakultas Kedokteran Uin Alauddin sebagai pihak yang diberitakan, merasa dirugikan dan melaporkan Nanda.  Namun Ia tak dilapor ke dewan pers, tapi ke KPKE karena statusnya sebagai mahasiswa aktif.

Wakil Rektor III Uin Alauddin Makassar, Prof Sity Aisyah membenarkan adanya rekomendasi skorsing terhadap Nanda. "Ya, tapi itu rekomendasi," kata Prof Sity Aisyah kepada KABAR.NEWS via telepone, kemarin.

Sementara, Nanda mengaku sangat dirugikan karena rekomendasi skorsing tersebut. Sebab saat itu, dia mewawancara dan menulis dalam kapasitas sebagai wartawan, bukan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Alauddin.

Nanda juga menegaskan, bahwa media tempatnya bekerja juga telah menerbitkan hak jawab atas pemberitaan Fakultas Kedokteran kampus di bawah Kementerian Agama itu.

"Saya sudah jalankan hak jawab mereka. 2 kalimi berita hak jawabnya saya muat, tapi kenapa tetap dapat sanksi dari kampus," kata Nanda, Sabtu (20/10/2018).

"Tidak ada hubungannya antara berita ku dan urusan akademik ku. Ada yang tidak beres disini. Saya akan proses ini sampai semuanya terbuka," tandas Nanda.

 

 

Diketahui, setelah rekomendasi skorsing diterbitkan oleh KPKE Uin Alauddin, maka pihak fakultas yang akan mengeksekusi rekomendasi tersebut. Dalam surat rekomendasi skorsing Nanda Bahtiar, KPKE Uin Alauddin saat ini dipimpin Prof. Bahaking Rama.



loading...