Skip to main content

Bawaslu Bantaeng Tolak Gugatan DPC PDIP 

Bawaslu Bantaeng Tolak Gugatan DPC PDIP 
PDIP. (INT)

KABAR.NEWS,Bantaeng - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng menolak seluruh permohonan DPC PDIP Bantaeng (pemohon) dalam sidang putusan terkait sengketa Pileg 2019.

Berdasarkan pengajuan Permohonan dengan nomor register 001/PS.Reg/27.23/IX/2018 Tanggal 24 September 2018, Sengketa Proses Pemilihan Umum atas surat keputusan KPU Kabupaten Bantaeng nomor 25/PL.01.4-Kpt/7303/KPU-Kab/IX/2018.

DPC PDIP Bantaeng mengajukan gugatan terhadap KPU Bantaeng untuk mengganti caleg yang telah terdaftar dalam Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Bantaeng 2019. 

Adapun permohonan PDIP Bantaeng diantaranya (1) mengabulkan Permohonan Pemohon untuk seluruhnya; (2) membatalkan Keputusan KPU Kabupaten Bantaeng Nomor  25/PL.01.4-Kpt/7303/KPU-Kab/IX/2018 tentang daftar caleg tetap (DCT) atas nama H.Bachtiar Tomo dapil 2 nomor urut 3; (3) menerima usulan penggantian yang diajukan DPC PDI Perjuangan Bantaeng.

Ketua Bawaslu Bantaeng, Muhammad Saleh membenarkan, bahwa dalam sidang putusan yang digelar Kamis (11/10/2018) kemarin, Bawaslu Bantaeng menolak seluruh permohonan PDIP Bantaeng (pemohon).

Saleh menuturkan, "Putusannya Permohonannya ditolak seluruhnya. Diberi kesempatan mengajukan Permohonan Koreksi atas Putusan Bawaslu Bantaeng ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi 1 hari setelah Putusan diterima," bebernya (12/10/2018).

Terpisah, Komisioner Divisi Teknis KPU Bantaeng, Lukman mengatakan, dalam prosesnya dimulai dari mediasi sampai sidang adjudikasi. "Pada akhirnya Bawaslu memutuskan dan menolak seluruhnya permohonan pemohon (PDIP)," ujarnya.

Menurutnya, jika pihaknya menganggap putusan oleh Bawaslu Bantaeng sudah tepat. 

"Sehingga pada prosedural hukum maupun pada tataran aturan terhadap proses ini, adalah bawaslu telah menalaah,  mengkaji terhadap proses ini, baik dari kajian yang di mohonkan oleh pemohon maupun termohon. dengan porsi aturan-aturan yang telah diperhadapkan," jelasnya.