Skip to main content

Bawa Massa Banyak ke Penetapan Calon, KPU Bulukumba Beri Surat Teguran 

pilkada

KABAR.NEWS, BULUKUMBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan mengingatkan kepada tim pemenangan bakal pasangan calon kepala daerah untuk tidak mendatangi kantor penyelenggara Pilkada itu secara massif saat penetapan dan pencabutan nomor urut. 

 

Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan, mengatakan setiap bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati agar tidak membawa massa pada saat penetapan maupun pemberian nomor urut di KPU Bulukumba. 

 

"Kami minta untuk tidak membawa massa bagi calon paslon yang akan ditetapkan dan juga pada saat pengambilan nomor urut. Kami akan lebih ketat lagi dalam bentuk larangan sehingga tidak ada arak-arakan," kata Devisi Teknis Penyelenggaraan, Wawan Kurniawan, Selasa (22/9/2020). 

 

Meski begitu, Wawan secara tegas bakal memberikan surat teguran bagi bakal calon pasangan kepala daerah. Begitu pula, dengan tahapan kampanye dan debat kandidat. 

 

"Jika ada yang melanggar kami akan berikan surat teguran berdasarkan PKPU 6 tahun 2020 pasal 11," tegas alumni STIEM Bongaya Makassar ini.

 

Selain itu, kata dia pihaknya akan terus mengimbau agar semua bakal pasangan calon hanya membawa pendukung sesuai jumlah yang telah ditentukan oleh Peraturan KPU (PKPU).

 

"Kami sudah rakor dengan LO paslon, hanya diperbolehkan lima orang setiap pasangan," katanya. 

 

Larangan itu, menurut Wawan Kurniawan demi mencegah penularan virus Corona atau Covid-19. Yang mana saat ini masih pandemi. "Lebih baik menyaksikan langsung dari rumah masing-masing secara live streaming. Karena kami akan lakukan live streaming," demikian Wawan. 

 

Diketahui, sebanyak empat pasangan calon (Paslon) kepala daerah telah mendaftar di KPU Bulukumba. Mereka adalah Andi Hamzah Pangki - Andi Murniyati Makking (HM21) yang diusung Golkar, Hanura dan Demokrat. 

 

Kemudian, Tomy Satria Yulianto - Andi Makkasau (Kacamatayya) diusung PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang. 

 

Lalu, Muhctar Ali Yusuf - Andi Edy Manaf (Harapan Baru) diusung, Partai Gerindra, PKS, PAN, Berkarya. 

 

Selanjutnya, Askar HL - Arum Spink (Bulukumba Asik) diusung Partai Persatuan Pembangunan, NasDem, Gelora. 

 

Penulis: Afri/B

 

 

Flower

 

loading...