Skip to main content

Apple Belum Siap Terapkan Jaringan 5G Hingga Tahun 2020

Apple Belum Siap Terapkan Jaringan 5G Hingga Tahun 2020
Ilustrasi iPhone X saat diluncurkan beberapa waktu lalu. (INT)

KABAR.NEWS - Perusahaan Apple dikabarkan belum siap menambahkan fitur jaringan celuler 5G pada iPhone hingga tahun 2020. Rumor ini bergaung di tengah rencana Samsung mulai menerapkan sistem jaringan ini tahun depan.

 

Laporan yang diterbitkan Bloomberg, Senin (3/12/2018) menyebutkan bahwa Apple enggan memaksakan fitur jaringan 5G di iPhone karena pertimbangan perangkat keras. Salah satunya faktor baterai dan lainnya.


Baca juga:

Bukan kali ini Apple terkesan lamban menerapkan fitur jaringan yang lebih maju. Sebelumnya perusahaan yang berbasis di Californa, Amerika Serikat itu terbilang setahun lebih lambat menerapkan jaringan 3G dan 4G ketimbang smartphone pesaing.

 

"Apple selalu lambat dalam menerapkan teknologi seluler," kata  Analis di Gartner, Mark Hung, dikutip dari Bloomberg. 

 

Menurut Hung, Apple tidak terpengaruh di masa lalu kala kompetitornya seperti Samsung yang mampu memasarkan smartphone lebih cepat karena lebih awal menerapkan fitur jaringan celuler terbaru.

 

"Mereka tidak terpengaruh di masa lalu, tetapi 5G akan jauh lebih mudah untuk dipasarkan. Tetapi jika mereka menunggu di luar tahun 2020, maka saya pikir mereka akan terpengaruh," tambah Hung.

 

Mengutip beberapa sumber yang mengetahui rencana Apple, laporan Bloomberg menunjukkan bahwa perusahaan Intel adalah kandidat yang paling mungkin untuk menyediakan modem 5G

 

Sementara, Samsung berencana meluncurkan ponsel 5G bersama Galaxy versi terbaru tahun depan. Dan di China - pasar terbesar untuk smartphone - produsen besar Oppo dan Huawei juga telah mengindikasikan mereka berencana untuk menawarkan ponsel 5G.

 

loading...