Skip to main content

AGH Ambon Dalle Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional Indonesia

Pahlawan Nasional
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat menerima kunjungan anggota DPR RI Hamka Haq di kantor Gubernur Sulsel.


KABAR.NEWS, Makassar - Jelang peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November mendatang, anggota DPR RI Hamka Haq menemui Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah untuk membahas usulan Pendiri Pondok Pesantren Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI) menjadi salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.


Beliau adalah Tokoh Ulama di Sulsel, KH. Abdurrahman Ambon Dalle yang telah mendedikasikan diri mencerdaskan ummat dan bangsa melalui Pendidikan Agama Islam sejak 1930. Sehingga tepat jika tanggal 10 November dirinya didaulat Pahlawan Nasional Indonesia.


Baca Juga: 


"Menghadapi Hari Pahlawan Nasional ada tokoh yang kita usulkan, saya mengusul KH Abdurahman Ambo Dalle, pemimpin dan pendiri DDI, beliau mendirikan DDI tahun 1930," Ujar Hamka Haq saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Jumat (12/10/2018).


Menurutnya, Ambon Dalle melalui lembaga pendidikan Islam tertua dan terbesar di Sulsel, dirinya turut andil secara tidak langsung terbentuknya pejuang-pejuang laskar jihad di Sulsel.


"Mengapa Ambo Dalle, karena melalui DDI (Mangkoso), Ia mencerdaskan bangsa sebelum Indonesia merdeka," ungkapnya.


Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjelaskan soal KH. Ambo Dalle yang akan diusul jadi Pahlawan Nasional Indonesia akan di seminarkan lebih dahulu bersama tokoh dan para pelaku sejarah lainnya.


"Bagi saya beliau ini adalah tokoh sentral ulama dan punya jasa dalam perjuangan bangsa ini," ucapnya.

  • Andi Khaerul