Skip to main content

6  Fakta Menarik Dibalik Kekalahan PSM Makassar dari Bali United

psm makassar
Laga Bali United melawan PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu (11/7/2018) kemarin malam.


KABAR.NEWS, Makassar - PSM Makassar harus mengakui keunggulan tuan rumah Bali United di pertandingan pekan ke-15 Gojek Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu (11/7/2018) kemarin malam.


Gol di menit awal babak pertama melalui Ilja Spasojevic dan gol di akhir babak kedua Stefano Lilipaly sudah cukup menghentikan langkah PSM Makassar untuk merangsek ke puncak klasemen sementara.


Baca Juga: 


Kekalahan tersebut juga memperpanjang rekor buruk Laskar Juku Eja kala berjumpa Bali United di ajang Liga 1 Indonesia sejak di tahun terakhir.

 

Tak hanya itu, laga antara Bali United versus PSM Makassar juga menghasilkan beberapa fakta menarik yang dirangkum redaksi KABAR.NEWS.


Berikut fakta-fakta menariknya;


1. Hasyim Kipuw dan Abdul Rahman Gugup Hadapi Mantan Timnya


Dua mantan pemain Bali United yakni Hasyim Kipuw dan Abdul Rahman terlihat gugup saat reuni dengan mantan rekan setimnya di dalam lapangan. Abdul Rahman bahkan kerap membuat kesalahan salah satunya saat gol kedua tercipta, sementara Hasyim Kipuw nyaris juga tak mampu berbuat banyak setelah beberapa kali bek kanan PSM yang ia kawal kerap mendapat tekanan dari Spasojevic maupun I Nyoman Sukarja dan Stefano Lilipaly. Hal ini berbanding terbalik bagi pencetak gol Bali United, Ilja Spasojevic yang juga pernah menjadi bagian dari PSM Makassar.


2. Debut Dallen Ramadhan Rovani Doke dan Melvin Platje


Laga antara  Bali United melawan PSM Makassar menjadi debut pemain muda Bali United, Dallen Ramadhan Rovani Doke di ajang Gojek Liga 1 Indonesia. Ia dipercaya pelatih Bali United, Widodo C Putro bermain selama 90 menit mengawal lini belakang Tim Serdadu Tridatu. 


Diketahui, Dallen Doke sempat mencoba peruntungan di PSM Makassar sebelum akhirnya dikontrak oleh Bali United, dirinya gagal mendapat perhatian dari tim pelatih PSM Makassar kala itu. Tak hanya Dallen, laga ini menjadi debut pemain anyar Serdadu Tridatu, Melvin Platje.


3. Wawan Hendrawan Kembali Catat Cleen sheet

Kiper Bali United, Wawan Hendrawan kembali mencatatkan clean sheet kala menjamu PSM Makassar dari tiga laga terakhirnya. Sementara itu hal berbeda dialami kiper PSM, Syaiful yang kerap menjadi bulan-bulanan pemain Bali United setiap kali bertandang ke Stadion Dipta.


4. Saldy Catat Penampilan 321 menit


Pemain muda Tim Juku Eja, Saldy Amiruddin tercatat sebagai pemain PSM yang tampil starter selama lima laga beruntun termasuk saat dijamu Bali United. Eks pemain Madura United itu sudah membukukan 321 menit  dari enam laga, rekor ini juga. Ia berhasil menggeser dua seniornya seperti M Rahmat dan Zulham Zamrun.


5. Syaiful Sukses Gagalkan 3 Peluang Emas Bali United


Meskipun kebobolan 2 kali, tapi kiper Syaiful tidak bisa sepenuhnya disalahkan. Pasalnya dari 5 shot on target Bali United 3 diantaranya berhasil dimentahkan dan dua menjadi gol.(data IG PSM Stats).


6. PSM Makassar Unggul Penguasan Bola


Dari Segi penguasaan bola, PSM ternyata lebih unggul dibandingkan Bali United. Meski bertindak sebagai tim tamu, PSM Makassar mampu mencatatkan penguasaan bola hingga 52% berbanding 48 %. 

  • Defri Ferdiansyah