Skip to main content

4 Meninggal, Bulukumba Tak Lagi Punya PDP Covid-19

4 Meninggal, Bulukumba Tak Lagi Punya PDP Covid-19
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Bulukumba - Pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, hingga Selasa (26/5/2020) berjumlah total 31 orang. Dari jumlah itu, 27 orang sembuh dan 4 meninggal dunia.


Empat PDP yang meninggal berasal dari Kecamatan Gantarang, Ujungloe, Rilau Ale dan Bulukumpa. Adapun hasil pemeriksaan Swab keempat pasien PDP yang meninggal itu pun dinyatakan negatif Covid-19. Data ini dibenarkan oleh Jubir Covid-19 Bulukumba, HM Daud Kahal.


"Iya benar jumlah pasien PDP Bulukumba sudah tidak ada. Sebelumnya ada 1 orang yang dirawat tapi sudah sembuh atau hasil Swabnya negatif," ujar Daud saat dihubungi, Rabu (27/5/2020).


Baca juga:

Selain itu, kata Daud, penanganan Covid-19 untuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) akan dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas sesuai Surat Edaran Gubernur Sulsel tentang Alur Rujukan Penanganan Pasien Covid-19.


Puskesmas juga melakukan Rapid Test dan pengambilan Swab. Jika gejala OTG dan ODP semakin berat (menjadi PDP) maka Puskesmas merujuk pasien ke Rumah Sakit (RS) Penyanggah Covid-19 di Makassar yaitu RS Sayang Rakyat, RSKD Dadi atau RSUD Daya Makassar.


Demikian pula jika RS pon-penyanggah rujukan seperti, RSUD Andi Sulthan Daeng Radja menerima pasien ODP atau PDP yang indikasi untuk rawat inap, maka pasien tersebut dirujuk ke RS Penyanggah Covid-19 yang ada di Makassar.


Selain data PDP, ODP Bulukumba sebanyak 218 orang, 211 orang sudah sembuh dan 7 orang masih dalam pemantauan. OTG sebanyak 184 orang, masih dipantau 71 orang, selesai dipantau 113 orang. Sedangkan Positif Covid-19 sebanyak 10 orang, 5 orang diantaranya sudah sembuh.


Penulis: Afri/B

 

Flower

 

loading...