Skip to main content

2019, Indonesia Kuasai 51 Persen Saham Freeport

wcewfewfew
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

 

KABAR.NEWS, Jakarta - Kepastian Indonesia menguasai yang akan menguasai separuh saham PT Freeport Indonesia baru akan terjadi pada tahun 2019. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan. 

Luhut menyampaikan saat ini pemerintah telah memiliki 9,36 persen saham PT Freeport Indonesia. Ia pun menargetkan pada tahun 2019, sisa 41 persen saham yang dijanjikan PT Freeport Indonesia akan dimiliki pemerintah. 

 

"Freeport akan lepas 51% saham, jangka penyelesaiannya paling lambat sampai 2019," ujar Luhut dikutip dari detikcom saat diskusi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

 

Luhut memaparkan dari 51 persen saham, nantinya akan dibagikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Papua 5-10 persen. Sementara sisanya, kata dia, akan di serahkan ke pemerintah dan BUMN. Nilai saham yang ditawarkan PT Freeport Indonesia nantinya akan ditentukan oleh valuator independen. 

"51 persen sekarang lagi dibicarakan antara pemerintah pusat dan pemda, berapa persen pemda mungkin 5 persen-10 persen. Valuasi kita serahkan ke market, independen yang menilai kedua belah pihak. Jadi ada kajian dan formulanya, tapi tidak ikut dengan cadangannya," kata Luhut.

Luhut menambahkan dengan memiliki 51 persen saham pada tahun 2019 mendatang, Indonesia bisa menempatkan jabatan CEO, operasional, dan finance di manajemen PT Freeport.