Skip to main content

11 Hal yang Buat Kamu Sering Merasa Lapar

11 Hal yang Buat Kamu Sering Merasa Lapar
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Kamu tidak pernah melewatkan waktu makan tapi masih sering merasa lapar? Atau hasrat doyan mengunyah sepanjang waktu yang tidak bisa kamu bendung. 

Ternyata, hal tersebut sering dirasakan seseorang yang mengalami ketidakseimbangan hormon dan mineral dalam tubuh. Terlalu banyak atau sedikit estrogen dan progesteron akan menyebabkanmu merasa lapar.

Selain gangguan hormon, ada 10 hal lagi yang mungkin menjadi alasan kamu sering merasa lapar.

1. Bosan

Salah satu alasan paling umum dari rasa lapar adalah kebosanan. Jika Anda merasa tidak ada yang bisa dilakukan, sering kali pikiran akan langsung beralih kepada camilan.

Untungnya, Anda bisa memerangi kebosanan dengan cukup mudah. Anda hanya perlu menggerakan tubuh lebih sering dan menambahkan kegiatan yang bermanfaat mulai sekarang.

2. Anda tertekan atau merasa kesepian

Ketika merasa tertekan, Anda akan mencari makanan untuk mengurangi ketidakbahagiaan. Sedangkan ketika Anda merasa kesepian, makanan bisa dijadikan pengganti hubungan manusia.

Selain itu, depresi kronis membuat Anda tidak mampu membedakan rasa lapar yang benar atau rasa lapar tipuan. Pikiran Anda mungkin berpikir lapar, sedangkan tubuh tidak merasakan hal yang sama.

Efek trauma emosional jangka panjang juga dapat menyebabkan gejala disosiasi, gejala yang membuat Anda terputus dengan diri sendiri. Sebaiknya, segera selesaikan masalah emosional Anda yang mendasar.

3. Anda sedang stres

Menurut studi, banyak wanita menerjemahkan stres sebagai rasa lapar. Stres kronis bisa meningkatkan kortisol, mendorong tubuh untuk makan secara berlebihan.

4. Anda melewatkan sarapan

Jika Anda sedang melakukan diet, melewatkan sarapan mungkin dianggap sebagai cara terbaik untuk menurunkan berat badan, benar? Faktanya, melewatkan sarapan hanya akan membuat Anda merasa lapar sepanjang hari.


5. Tidak memiliki asupan protein yang cukup

Kekurangan protein juga bisa menjadi penyebab rasa lapar. Protein memiliki banyak manfaat, seperti membuat kulit dan rambut tetap sehat, hingga mengatasi masalah hormon.

6. Anda mengonsumsi terlalu banyak gula dan makanan siap saji

Makanan siap saji tidak memiliki kandungan nutrisi, hanya memenuhi tubuh Anda dengan kalori kosong. Namun tidak hanya makanan siap saji, karbohidrat dan gula bisa berubah dengan cepat menjadi glikogen, menimbulkan kerusakan pada tingkat gula darah.

7. Anda tidak makan dengan cukup

Ketika Anda melewatkan makan atau tidak makan dengan cukup, ini akan menimbulkan rasa lapar yang konstan. Gula darah akan turun dan tubuh meresponnya dengan meningkatkan hormon lapar, mengurangi hormon kenyang.

8. Anda tidak memperhatikan tubuh

Memperhatikan tubuh berarti fokus terhadap aturan diet dan apa yang dimakan. Diet bisa membuat Anda mengabaikan sinyal yang diberikan oleh tubuh.

9. Anda sebenarnya hanya haus

Rasa lapar yang terus menerus dirasakan mungkin sebenarnya adalah sinyal dari tubuh bahwa Anda haus. Lain kali ketika merasa lapar, cobalah minum segelas air terlebih dahulu dan lihat hasilnya.

10. Anda kurang tidur

Ketika Anda kurang tidur, selera makan menjadi tidak terkendali, karena semua hormon sedang terganggu. Selain itu, kurang tidur dan olahraga yang terlalu keras dapat mengacaukan nafsu makan Anda sepanjang hari.
 

 

loading...