Skip to main content

10 Tahun Tidak Diperbaiki, Warga Bantaeng Tanam Pisang di Badan Jalan

pohon pisang
Kecewa karena kondisi jalan tidak diperbaiki, warga Kampung Barombong tanam pohon pisang di badan jalan. (KABAR.NEWS/Erwin Mappiara)

KABARNEWS, Bantaeng - Warga Kampung Barombong, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, menanam pohon pisang di badan jalan yang menghubungkan Desa Bonto Lojong dan Desa Kayu Loe, Kabupaten Bantaeng, sepanjang 2 kilometer.

Mereka kecewa, karena sudah 10 tahun Pemerintah Kabupaten Bantaeng tidak memperhatikan kondisi jalan yang rusak parah. "Sudah 10 tahun jalanan tidak di aspal. Kami sangat kecewa terhadap pemerintah. Tidak ada rasa peduli untuk mau memperbaiki," ujar Dg Kai, tokoh masyarakat setempat, Minggu (13/8/2017).

Dg Kai yang bekerja sebagai petani ini mengaku kesulitan mengakut beras hasil panen, karena kondisi jalan yang rusak. Apalagi, setiap memasuki musim panen, mereka harus mengeluarkan biaya lebih.

"Kasihan kami di sini, penghasilan semakin rendah karena biaya yang dikeluarkan sangat mahal untuk biaya mobil," tambahnya.

Bahkan, warga dengan terpaksa saling bahu membahu untuk memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak. "Kami secara swadaya bersama-sama melakukan penambalan jalan yang rusak agar dapat dilalui," katanya.

Bahkan kata dia, anak mereka yang hendak mengenyam ilmu di bangku sekolah terpaksa berhenti lantaran kondisi akses jalan yang rusak. "Anak-anak kami pun putus sekolah akibat kondisi jalanan rusak," tutup Dg Kai.

  • Erwin Mappiara